X-59 NASA Cleals Critical Test, naik lebih dekat ke penerbangan supersonik yang tenang


NASAJet supersonik X-59 telah berhasil lulus pengujian elektromagnetik, mengkonfirmasi sistemnya tidak akan saling mengganggu.
Insinyur memeriksa komunikasi, navigasi, dan operasi perlengkapan pendaratan, bahkan menguji kompatibilitas dengan F-15D. Tonggak sejarah ini membersihkan jalan untuk uji coba darat yang lebih ketat sebelum penerbangan pertama pesawat.
Keberhasilan pengujian elektromagnetik X-59
X-59 NASA, pesawat penelitian supersonik yang tenang, telah berhasil lulus pengujian elektromagnetik, memastikan bahwa sistemnya dapat berfungsi dengan aman tanpa gangguan dalam berbagai kondisi.
“Mencapai fase ini menunjukkan bahwa integrasi pesawat meningkat,” kata Yohan Lin, memimpin Avionik X-59 NASA. “Sangat menyenangkan melihat kemajuannya, mengetahui bahwa kami telah membersihkan rintangan besar yang membuat kami lebih dekat ke penerbangan pertama X-59.”
Gangguan elektromagnetik terjadi ketika medan listrik atau magnet mengganggu operasi pesawat, yang dapat menimbulkan risiko keselamatan. Gangguan ini dapat berasal dari sumber eksternal atau bahkan peralatan pesawat sendiri, berpotensi mengganggu sistem elektronik kritis – mirip dengan bagaimana ponsel terdekat dapat menyebabkan statis atau berderak di radio.

Memastikan sistem onboard bekerja sama
Tes, yang dilakukan di kontraktor Lockheed Martin Skunk Works 'fasilitas di Palmdale, California, memastikan bahwa sistem onboard X-59-seperti radio, peralatan navigasi, dan sensor-tidak mengganggu satu sama lain atau menyebabkan masalah yang tidak terduga. Selama pengujian ini, para insinyur mengaktifkan setiap sistem di pesawat satu per satu saat mereka memantau sistem lain untuk kemungkinan gangguan.
“Pengujian ini membantu kami menentukan apakah sistem dalam X-59 saling mengganggu,” kata Lin. “Ini disebut uji sumber-victim-pada dasarnya, kami mengaktifkan satu sistem dan memantau yang lain untuk masalah seperti kebisingan, gangguan, kesalahan, atau kesalahan.”
Memajukan tujuan misi quesst
X-59 akan menghasilkan pukulan yang lebih tenang daripada ledakan keras sambil terbang lebih cepat dari kecepatan suara. Pesawat ini adalah pusat dari Misi Quesst NASA, yang akan memberikan informasi kepada regulator yang dapat membantu mengangkat larangan saat ini pada penerbangan supersonik komersial di atas tanah. Saat ini, pesawat berkembang melalui tes darat untuk memastikan keamanan dan kinerja. Ini termasuk penyelesaian baru -baru ini, berhasil dari serangkaian tes mesin. Pengujian interferensi elektromagnetik untuk memeriksa sistem elektronik internal X-59 diikuti.
Pengujian interferensi elektromagnetik lainnya melibatkan tim yang melihat pengoperasian roda pendaratan X-59, memastikan komponen kritis ini dapat memperpanjang dan menarik kembali tanpa mempengaruhi sistem lain. Dan mereka menguji bahwa shutoff sakelar bahan bakar berfungsi dengan baik tanpa gangguan.

Kompatibilitas pengujian dengan F-15D NASA
Kompatibilitas elektromagnetik juga dinilai selama pengujian ini-memastikan sistem X-59 akan berfungsi dengan baik ketika akhirnya terbang di dekat pesawat peneliti NASA.
Para peneliti menggelar X-59 di tanah di depan F-15D NASA, menempatkan mereka terpisah 47 kaki, kemudian terpisah 500 kaki. Kedekatan dari dua kondisi yang direplikasi pesawat yang diperlukan untuk F-15D untuk menggunakan probe khusus untuk mengumpulkan pengukuran tentang gelombang kejut yang akan diproduksi X-59.
“Kami ingin mengkonfirmasi ada kompatibilitas antara dua pesawat, bahkan di dekat,” kata Lin.
Untuk pengujian kompatibilitas elektromagnetik, tim menyalakan mesin X-59 sambil menyalakan radar F-15D, transponder C-band, dan radio. Data dari X-59 dikirim ke fasilitas operasi seluler NASA, di mana staf ruang kontrol dan insinyur dipantau untuk anomali.
“Anda ingin membuat penemuan gangguan elektromagnetik potensial atau masalah kompatibilitas elektromagnetik di tanah terlebih dahulu,” kata Lin. “Ini mengurangi risiko dan memastikan kami tidak belajar tentang masalah di udara.”
Apa selanjutnya untuk X-59?
Sekarang setelah pengujian elektromagnetik selesai, X-59 siap untuk beralih ke tes burung aluminium-di mana data akan diumpankan ke pesawat di tanah di bawah kondisi normal dan kegagalan-dan kemudian tes taksi sebelum penerbangan.



