Keuangan

6 strategi utama untuk program pengelolaan utang

Tangan manusia menghentikan balok kayu agar tidak jatuh ke tumpukan koin.

Hentikan hutang sebelum menjadi tidak terkendali.

© Andrey Popov/inventory.adobe.com

Apakah Anda ingin merancang program pengelolaan utang? Mungkin salah satu tujuan Anda adalah menghindari proses penagihan utang.

Program pengelolaan utang yang mencapai tujuan keuangan Anda mungkin melibatkan beberapa kombinasi perencanaan keuangan, restrukturisasi utang, dan mendapatkan bantuan kesulitan. Anda juga dapat mempertimbangkan opsi ekstrem untuk menghindari penagihan utang: menyatakan bangkrut.

Berikut enam strategi yang mungkin ingin Anda sertakan dalam program pengelolaan utang khusus Anda.

1. Buat dan patuhi anggaran

Komponen inti dari setiap rencana pengelolaan utang adalah anggaran Anda. Setiap orang membutuhkan anggaran, tetapi hal ini terutama berlaku jika tujuan Anda adalah menghindari penagih utang dan dampak negatif pada nilai kredit Anda. Anda dapat memilih untuk mengikuti aturan penganggaran 50-30-20, yang mengalokasikan 20% sumber daya keuangan Anda untuk membayar utang.

Anggaran dapat menciptakan peta jalan untuk melunasi seluruh utang Anda dengan cara yang dapat diprediksi. Tetap pada anggaran adalah bagian yang sulit. Hal ini membutuhkan disiplin keuangan dan pengelolaan pengeluaran Anda yang cermat.

Anggaran dapat membantu Anda:

  • Identifikasi dan ukur sumber daya keuangan Anda
  • Secara konsisten memprioritaskan pembayaran utang
  • Dapatkan wawasan tentang kebiasaan belanja Anda
  • Hindari mengambil lebih banyak hutang
  • Lacak kemajuan pengelolaan utang Anda

Penganggaran mungkin terasa seperti sebuah tugas—dan memang demikian!—tetapi jauh lebih baik daripada menanggung proses penagihan utang.

2. Pertimbangkan untuk mengkonsolidasikan utang Anda

Konsolidasi pinjaman bukanlah pilihan yang tepat untuk semua orang, namun dapat menjadi alat yang berharga untuk merestrukturisasi utang. Jika Anda memiliki beberapa pinjaman mahasiswa federal, misalnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggabungkannya menjadi satu pembayaran bulanan. Jika Anda berhutang uang kepada beberapa kreditor swasta, Anda mungkin bisa mengkonsolidasikan hutang Anda dengan satu pemberi pinjaman.

Konsolidasi utang dapat sangat berguna untuk mengelola utang dan menghindari penagihan utang:

  • Konsolidasi dapat menurunkan pembayaran bulanan yang Anda perlukan.
  • Ini mungkin menurunkan tingkat bunga Anda.
  • Ini dapat menyederhanakan kewajiban utang Anda menjadi pembayaran yang lebih sedikit.

Itulah manfaat langsungnya. Manfaat tidak langsung dari konsolidasi utang mungkin termasuk peningkatan arus kas dan berkurangnya tekanan mengenai kemungkinan penagihan utang.

3. Gunakan penawaran switch saldo

Strategi pengelolaan utang lainnya melibatkan opsi switch saldo. Biasanya ini berarti mentransfer saldo pada kartu kredit berbunga tinggi ke kartu lain dengan tingkat bunga lebih rendah.

Mentransfer seluruh utang Anda kepada kreditur yang memberikan syarat pembayaran paling menguntungkan sangat mirip dengan konsolidasi pinjaman, dan memberikan banyak manfaat yang sama. Setelah switch saldo Anda selesai, Anda hanya bertanggung jawab atas satu pembayaran berulang dengan satu tingkat bunga. Ditambah lagi, timeline pelunasan Anda menjadi lebih jelas.

Perhatikan bahwa jika Anda mendapatkan keuntungan dari penawaran perkenalan dengan tingkat bunga rendah, Anda harus yakin dan cantumkan tanggal di kalender Anda kapan tarif perkenalan berakhir dan kembali ke tingkat bunga reguler (yaitu, jauh lebih tinggi).

4. Hubungi kreditor tentang program kesulitan

Banyak kreditor mensponsori program kesulitan, yang dapat sangat membantu program pengelolaan utang Anda. Anda mungkin stres mengenai syarat dan ketentuan pembayaran kembali, namun lembaga keuangan bisa sangat fleksibel—terutama jika Anda mengalami kesulitan.

Kesulitan yang memenuhi syarat mungkin termasuk:

  • Kehilangan pekerjaan
  • Perceraian
  • Kematian dalam keluarga
  • Penyakit
  • Disabilitas
  • Bencana alam

Program kesulitan dapat bervariasi tergantung jenis pemberi pinjaman. Ada berbagai bentuk dukungan yang ditawarkan oleh pemberi pinjaman federal, pemberi pinjaman swasta, penyedia hipotek, penyedia pinjaman mobil, perusahaan utilitas, dan perusahaan asuransi.

Jika Anda memenuhi syarat untuk program kesulitan, Anda mungkin dapat mengurangi atau menghilangkan sementara persyaratan pembayaran kembali. Program-program ini hadir untuk membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan finansial Anda.

5. Pertimbangkan untuk menyatakan bangkrut

Pilihan utama untuk mengelola utang Anda dan menghindari penagihan utang adalah menyatakan kebangkrutan. Keputusan untuk menyatakan kebangkrutan tidak boleh dianggap enteng, namun dalam keadaan tertentu, ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk membantu Anda merestrukturisasi atau melunasi jenis utang tertentu.

Berikut adalah beberapa cara kebangkrutan berpotensi berperan dalam pengelolaan utang:

  • Mengajukan kebangkrutan akan segera menghentikan semua tindakan penagihan terhadap Anda, termasuk tuntutan hukum, pemotongan gaji, dan bahkan panggilan telepon yang melecehkan (yang secara teknis ilegal, namun tetap saja terjadi).
  • Pengajuan kebangkrutan memberikan perlindungan khusus berdasarkan undang-undang federal yang dapat melindungi Anda dari penyitaan aset dan konsekuensi buruk lainnya dari penagihan utang.
  • Pengawasan pengadilan atas pembayaran utang setelah kebangkrutan memastikan keadilan dan menghalangi kreditor untuk melakukan tindakan penagihan yang agresif.

Kebangkrutan harus selalu diperlakukan sebagai upaya terakhir dalam pengelolaan utang—namun ada baiknya kita menelusuri cara kerjanya.

6. Gunakan layanan konseling kredit

Apakah Anda merasa terintimidasi oleh prospek mengelola utang Anda? Seorang konselor kredit dapat menjadi sumber yang sangat berharga jika Anda merancang program pengelolaan utang dengan tujuan tertentu. Agen konseling kredit menyediakan berbagai layanan yang berkaitan dengan pengelolaan utang dan menghindari penagihan.

Seorang konselor kredit dapat memberikan:

  • Bimbingan ahli dari para profesional terlatih yang berspesialisasi dalam manajemen utang
  • Membantu menciptakan anggaran realistis yang memprioritaskan pembayaran utang
  • Membantu mengidentifikasi strategi pembayaran utang yang efisien
  • Dukungan untuk bernegosiasi dengan kreditor—termasuk negosiasi yang dilakukan atas nama Anda
  • Pendaftaran dalam rencana pengelolaan utang dengan opsi pembayaran terstruktur
  • Pendidikan tentang pengelolaan utang dan topik keuangan pribadi lainnya

Garis bawah

Berhutang pada lembaga keuangan atau agen penagihan utang bisa sangat menegangkan, dan tidak ada seorang pun yang menikmati proses penagihan utang. Itu sebabnya mengembangkan—dan mempertahankan—program pengelolaan utang adalah langkah cerdas untuk meningkatkan kesejahteraan finansial Anda dan menghindari penagih utang.

Pastikan saja rencana pengelolaan utang Anda realistis dan memungkinkan Anda mencapai tujuan keuangan terpenting Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button