Sains & Teknologi

Lihat Bagaimana Ilmuwan Melacak Beruang Kutub Dengan Tag “Duri pada Bulu” yang Terobosan

Beruang Kutub Mencairkan Es Perubahan Iklim

Pelacak “burr on fur” yang inovatif kini memungkinkan pemantauan beruang kutub jantan dan subdewasa secara efektif, melewati keterbatasan sistem berbasis kalung dan meningkatkan penelitian serta pengelolaan satwa liar.

Perangkat pelacak “duri pada bulu” yang baru menyediakan pemantauan yang lebih baik terhadap beruang kutub jantan yang masih muda dan dewasa, menghadirkan alternatif yang tidak terlalu invasif dibandingkan kalung tradisional dan memperluas kemampuan penelitian ke demografi yang sebelumnya sulit dilacak.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Universitas York dan sebuah proyek yang melibatkan 3M dan Polar Bears Worldwide menyajikan penelitian lapangan yang menggunakan tag pelacak bulu pertama pada beruang kutub, sebuah metode yang kurang invasif; laporan tersebut diterbitkan hari ini, pada Hari Es Laut Arktik.

Teknologi Pelacakan Baru untuk Beruang Kutub

Mempelajari beruang kutub menjadi jauh lebih mudah dengan pelacak “duri pada bulu” baru yang mengonfirmasi keyakinan ilmuwan bahwa beruang kutub jantan sub-dewasa dan dewasa menghabiskan sebagian besar waktunya di daratan untuk bermalas-malasan, menyimpan energi hingga es mencair kembali.

Sebuah tim peneliti multi-institusi yang dipimpin oleh Universitas York dan meliputi Universitas Alberta, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim Kanada, Pembangunan Berkelanjutan Manitoba, Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan Ontario, dan Polar Bears Worldwide, menggunakan tiga prototipe “duri pada bulu” yang berbeda untuk mempelajari efektivitasnya.

Makalah, “Telemetri tanpa kerah: kinerja tag satelit yang dipasang di bulu dan telinga untuk mengevaluasi pergerakan dan perilaku beruang kutub“,” dipublikasikan di jurnal Biotelemetri Hewanmerinci pemeriksaan peninjauan sejawat pertama terhadap perangkat pelacak baru yang menempel pada bulu beruang kutub.

Beruang Kutub Mencairkan Es

Teknologi pelacakan baru menawarkan terobosan dalam mempelajari beruang kutub jantan dan beruang kutub muda, meningkatkan upaya konservasi dan akurasi information. Kredit: Kt-Miller, Polar Bear Worldwide

Kemajuan dalam Metode Pelacakan Beruang Kutub

Mempelajari beruang kutub merupakan hal yang sulit karena kalung radio yang ada saat ini hanya cocok digunakan pada beruang betina dan tidak dapat digunakan pada sebagian kecil populasi. Namun, teknologi baru memberi para peneliti alat baru yang dapat mengonfirmasi perilaku beruang kutub jantan dewasa saat berada di daratan sambil menunggu es terbentuk lagi.

Upaya untuk mengembangkan opsi dan alat pelacakan yang kurang invasif yang dapat digunakan pada beruang kutub dari kedua jenis kelamin dan hampir semua usia telah berlangsung selama bertahun-tahun dengan tingkat keberhasilan yang bervariasi. Kalung telah dan tetap menjadi sarana utama untuk mempelajari pergerakan beruang kutub. Baru-baru ini, pemancar tanda telinga telah digunakan sebagai alternatif yang lebih ringan. Sementara kedua teknologi tersebut memiliki peran penting dalam membantu mempelajari dan melestarikan beruang kutub, para peneliti terus berupaya untuk mengembangkan metode yang minimal invasif dan memberikan information yang berkualitas.

Hal ini menghasilkan inisiatif pelacakan baru yang dikenal sebagai “Burr on Fur,” yang dimulai sebagai tantangan dari Polar Bears Worldwide kepada ilmuwan 3M, perusahaan sains dan manufaktur international di balik catatan Submit-It, untuk menciptakan metode sementara dan sederhana untuk menempelkan unit pelacakan kecil pada bulu beruang kutub. Tiga prototipe “Burr on Fur” baru-baru ini diuji pada beruang kutub liar di sepanjang pantai Teluk Hudson, Kanada, bersama dengan pemancar penanda telinga tradisional.

Greg Thiemann Menandai Beruang Kutub

Profesor Greg Thiemann dari Universitas York sedang menandai seekor beruang kutub. Kredit: Peneliti Universitas York Tyler Ross, Polar Bear Worldwide

Perbandingan Perangkat Pelacakan Baru dan Tradisional

Alat penanda telinga dan “Burr on Fur” mengisi ceruk penting bagi para ilmuwan dan pengelola satwa liar. Penanda baru ini memungkinkan para peneliti untuk mengikuti pergerakan beruang kutub jantan dewasa dan subdewasa, dua kelompok yang tidak dapat dipelajari menggunakan kalung satelit tradisional. Beruang jantan dewasa tidak dapat mengenakan kalung karena kalung tersebut terlepas dari leher dan kepala mereka yang berbentuk kerucut, dan beruang subdewasa tumbuh terlalu cepat untuk penggunaan kalung yang aman. Penanda telinga tradisional merupakan alternatif untuk kalung. Akan tetapi, saat ini, penanda tersebut memerlukan penangkapan ulang untuk dilepaskan dan, meskipun jarang, dapat menimbulkan risiko cedera pada telinga. Penanda Burr on Fur yang baru dirancang untuk bersifat sementara, minimal invasif, dan dapat diterapkan pada kedua jenis kelamin dan hampir semua usia beruang kutub.

“Penempelan tanda telemetri pada bulu beruang kutub secara sukses belum pernah dilakukan sebelumnya, dan kami sangat gembira untuk membagikan hasil kerja inovatif ini,” kata Tyler Ross, penulis utama makalah dan peneliti di Universitas York, “Tanda bulu tersebut menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan, dan memberi peneliti kemampuan untuk mempelajari perilaku dan gerakan beruang kutub yang datanya sangat sedikit, seperti beruang jantan muda dan dewasa.”

Tiga Desain Label Bulu

Tiga desain label bulu. Kredit: Peneliti Universitas York Tyler Ross, Polar Bear Worldwide

Uji Lapangan Teknologi Pelacakan Inovatif

Lima puluh delapan beruang liar ditandai menggunakan tag telinga dan tiga desain tag bulu yang berbeda untuk membandingkan durasi waktu tag tetap aktif saat menempel pada beruang dan ketepatan pelacak. Diterapkan bersama dengan tag telinga tradisional, yang mengandalkan Pemancar Argos, tiga tag bulu tersebut adalah:

  • Tag Pentagon: perangkat lima sisi ini memiliki lima lubang yang dilubangi di sudut-sudutnya, sehingga sejumput bulu dapat ditarik masuk. Perangkat ini menggunakan Pemancar Satelit Argos Eartag.
  • Tag SeaTrkr: tag berbentuk oval yang memiliki 10 lubang yang dilubangi untuk memungkinkan 10 lampiran bulu. Desain ini menggunakan Telonics yang terhubung dengan Iridium Bahasa Indonesia: GPS Pemancar SeaTrkr-4370.
  • Tag Tribrush: tag segitiga yang dilengkapi dengan tabung di sepanjang tepinya, tempat sikat pipa menjerat bulu, melilitkannya di dalam tabung. Tag ini menggunakan pemancar Argos yang sama dengan tag Pentagon.

Penelitian ini berlangsung dari musim gugur 2016 hingga 2021 dengan beruang yang ditangani di dekat Churchill, Kanada, oleh Program Peringatan Beruang Kutub dan para peneliti di Universitas Alberta, dilengkapi dengan operasi oleh para peneliti di Lingkungan dan Perubahan Iklim Kanada, Kementerian Sumber Daya Alam dan Kehutanan Ontario, Universitas York, dan Pembangunan Berkelanjutan Manitoba pada tahun 2021-22 di dekat perbatasan Manitoba-Ontario.

Hasil dan Analisis Kinerja Tag Baru

“Hasil penelitian kami merupakan langkah penting dalam memahami pergerakan dan perilaku beruang kutub dengan lebih baik, terutama beruang jantan dewasa, yang sulit dilacak karena tidak dapat dipasangi kerah satelit. Tanda sementara yang dipasang pada bulu juga dapat membantu melacak pergerakan beruang yang dipindahkan setelah berpotensi berkonflik dengan manusia, menjadikan tanda ini sebagai alat penting untuk melestarikan beruang kutub dan menjaga keamanan masyarakat di wilayah utara,” kata Affiliate Professor dan Koordinator Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan Universitas York, Gregory Thiemann, salah satu penulis laporan tersebut.

Label bulu dengan kinerja terbaik adalah Label SeaTrkr, yang tetap menempel pada beruang selama rata-rata 58 hari dan memiliki akurasi yang unggul karena penggunaan teknologi GPS/Iridium. Di posisi kedua, Label Trishbrush tetap menempel selama rata-rata 47 hari. Namun, untuk Label Tribrush, waktu yang dibutuhkan sangat bervariasi, dengan satu label lepas setelah hanya dua hari sementara yang lain bertahan selama 114 hari – yang terlama dari semua label.

Karena terpasang permanen di telinga beruang, tanda telinga tradisional tetap berada di tempatnya selama rata-rata 137 hari, sementara pelacak berbasis bulu jangka pendek terbukti dapat diandalkan untuk periode yang lebih pendek. Tanda bulu terbukti berguna untuk memantau perilaku beruang, dan menunjukkan harapan besar untuk penggunaan di masa depan dalam melacak beruang kutub, terutama yang harus dipindahkan setelah mendekati komunitas. Pengujian dan penyempurnaan lebih lanjut juga sedang dilakukan pada beruang di kebun binatang dan akuarium melalui mitra kebun binatang dan akuarium Polar Bears Worldwide's Arctic Ambassador Middle, yang memungkinkan para peneliti untuk lebih menyempurnakan desain dan melihat bagaimana mereka tampil di berbagai musim. Dalam putaran pengujian kebun binatang terbaru, tanda yang disempurnakan tetap berada di beruang selama 75 hari.

Information Penting tentang Beruang Kutub Jantan dan Subdewasa

Information baru ini menambah pemahaman kita yang berkembang tentang pergerakan dan perilaku beruang kutub jantan muda dan dewasa, yang selama ini kurang diteliti karena tidak dapat dipasangi kalung dengan aman dalam waktu lama. Temuan ini mengonfirmasi bahwa beruang jantan muda dan dewasa mengurangi aktivitas mereka saat berada di darat, yang konsisten dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan beruang menghabiskan sekitar 70 hingga 90 persen waktunya untuk beristirahat selama periode bebas es di Teluk Hudson.

Implikasi bagi Pengelolaan Satwa Liar

Sementara tanda telinga tetap melekat pada beruang lebih lama, tanda bulu yang sementara dan mudah dipasang memberi para ilmuwan alat baru untuk pelacakan beruang yang lebih baik untuk tujuan penelitian terapan dan pengelolaan interaksi manusia-beruang. Teknologi pelacakan dapat diterapkan pada jenis beruang lain, mendukung upaya untuk mengurangi konflik manusia-beruang, dan aplikasi di masa mendatang dapat mencakup pengujian pada spesies lain jenis dengan bulu. Sementara metode pelacakan tradisional, seperti kalung, akan tetap penting untuk studi jangka panjang, tanda bulu akan terbukti menjadi alat yang berharga, khususnya untuk memahami dan mengelola interaksi satwa liar-manusia yang meningkat seiring dengan menghangatnya iklim.

“Kolaborasi antara Polar Bears Worldwide, 3M, lembaga akademis, dan mitra pemerintah merupakan bukti komitmen kami untuk meningkatkan penelitian satwa liar Arktik dan teknologi konservasi,” kata Geoff York, Direktur Senior Penelitian dan Kebijakan di Polar Bears Worldwide, seraya menambahkan, “Kemajuan ini akan memiliki implikasi nyata bagi pengelolaan satwa liar, membantu pelacakan beruang kutub, dan mendorong peningkatan koeksistensi manusia-beruang. Kami ingin lebih menyempurnakan dan menerapkan teknologi penting ini.”

Tentang Hari Es Laut Arktik

Temuan ini dipublikasikan pada tanggal 15 Juli, yang merupakan Hari Es Laut Arktik, sebuah acara tahunan yang dibuat oleh Polar Bears Worldwide untuk memicu aksi dan percakapan tentang ekosistem Arktik yang mencair dengan cepat, termasuk signifikansi globalnya dan bagaimana orang dapat membantu memperlambat tren pemanasan ini. Arktik kini memanas hampir empat kali lebih cepat daripada bagian lain planet ini, yang menyebabkan es laut mencair, yang menyebabkan beruang kutub menghabiskan waktu lebih lama untuk berpuasa di daratan.

Polar Bears Worldwide mengundang orang untuk mengakses laporan lengkap dan mendesak komunitas ilmiah untuk mempertimbangkan implikasi dari temuan ini untuk penelitian lebih lanjut dan penerapan dalam upaya konservasi dan koeksistensi.

Referensi: “Telemetri tanpa kerah: kinerja tag satelit yang dipasang di bulu dan telinga untuk mengevaluasi pergerakan dan perilaku beruang kutub” oleh Tyler R. Ross, Gregory W. Thiemann, BJ Kirschhoffer, Jon Kirschhoffer, Geoff York, Andrew E. Derocher, Amy C. Johnson, Nicholas J. Lunn, David McGeachy, Vicki Trim dan Joseph M. Northrup, 15 Juli 2024, Biotelemetri Hewan.
DOI: 10.1186/s40317-024-00373-2

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.