Geografi & Perjalanan

Bagaimana Venus Membantu Kita Memahami Planet Kita Sendiri

Transisi Venus ke Bumi

Transisi Venus ke Bumi. Inisiatif baru Universitas Freiburg menggabungkan ilmu Bumi dan planet ke dalam program komprehensif yang menampilkan jabatan profesor baru, laboratorium simulasi, dan gelar grasp terbaru untuk memperkaya studi sistem Bumi. Kredit: Anna Gülcher, Inventive Commons BY-NC-SA 4.0

Yayasan Volkswagen mendanai jabatan profesor baru di bidang Geodinamika Bumi dan Planet di Universitas Freiburg.

Ini adalah bagian dari inisiatif strategis untuk menggabungkan ilmu sistem bumi dengan ilmu planet, termasuk laboratorium dan program pendidikan baru, untuk memperluas pemahaman dan meningkatkan kolaborasi di bidang ini.

Universitas Freiburg tengah membentuk jabatan profesor tetap baru di bidang Geodinamika Bumi dan Planet di Fakultas Lingkungan dan Sumber Daya Alam, yang dimungkinkan oleh hibah sebesar 1,71 juta euro dari Yayasan Volkswagen. Jabatan profesor tetap baru ini merupakan bagian dari inisiatif strategis komprehensif untuk menggabungkan ilmu sistem Bumi dengan ilmu planet di Universitas yang juga mencakup pembentukan Laboratorium Simulasi Sistem Bumi (EaSySim) baru dan pengenalan program magister Ilmu Bumi.

Tinjauan Inisiatif Strategis

Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk secara sistematis memasukkan pengaruh planet pada sistem Bumi dan subsistemnya dalam penelitian dan pengajaran dengan membandingkan Bumi dengan planet seperti Bumi. DewiProf. Dr. Heiner Schanz, Dekan Fakultas Lingkungan dan Sumber Daya Alam, menekankan pentingnya inisiatif ini secara strategis: “Dengan mengintegrasikan perspektif planet, kita dapat memperoleh wawasan berharga tentang masa lalu, masa kini, dan masa depan Bumi. Pada saat yang sama, Universitas Freiburg akan memposisikan dirinya secara nasional dan internasional sebagai pusat Ilmu Sistem Bumi. Kami berterima kasih kepada Yayasan Volkswagen atas dukungan mereka.”

Planet Kembar Bumi dan Venus

Prof. Dr. Thomas Kenkmann, profesor Geologi Umum dan Geologi Struktural serta koordinator konsep strategis untuk memperkuat Ilmu Sistem Bumi, menjelaskan keuntungan menggabungkan Ilmu Sistem Bumi dan Ilmu Planet: “Integrasi temuan penelitian di Venus secara konsisten akan meningkatkan pemahaman kita tentang faktor-faktor planet yang memengaruhi stabilitas iklim, ketersediaan air cair, dan kelayakhunian planet.”

Dr. Anna Gülcher dari NASALaboratorium Propulsi Jet milik Universitas Freiburg dan Institut Teknologi California di Pasadena (California, AS). Penelitiannya berfokus pada studi Bumi dan Venus sebagai “planet kembar” dengan penekanan pada pemodelan proses geodinamik. Selain itu, Anna Gülcher berpartisipasi dalam misi Venus milik NASA yang akan datang (VERITAS). “Fakultas Lingkungan dan Sumber Daya Alam Universitas Freiburg memungkinkan kolaborasi intensif dengan rekan-rekan dari Ilmu Planet dan Bumi serta dari Ilmu Lingkungan, Alam, dan Sosial, yang menurut saya sangat menarik,” kata Anna Gülcher.

Penataan Ulang Strategis Ilmu Sistem Bumi

Jabatan profesor dengan masa jabatan tetap yang baru merupakan elemen kunci dalam penataan ulang strategis yang komprehensif dari Ilmu Sistem Bumi di Fakultas Lingkungan dan Sumber Daya Alam Universitas Freiburg. Dengan judul “EPSS@UFR – Ilmu Sistem Bumi dan Planet,” strategi baru tersebut mencakup beberapa langkah yang saling terkait untuk menyertai kombinasi inovatif antara Ilmu Sistem Bumi dan ilmu planet.

Laboratorium Simulasi Sistem Bumi (EaSySim) yang baru akan menyediakan infrastruktur dan kapasitas komputasi untuk pemodelan dan simulasi serta mendukung pengembangan agenda penelitian dan proyek penelitian bersama dengan mitra nasional dan internasional. Program magister Ilmu Bumi yang didesain ulang akan menawarkan kepada mahasiswa pilihan untuk berkonsentrasi pada Ilmu Bumi dan Planet, Ilmu Bumi Lingkungan, Hidrologi, atau Pemodelan Lingkungan dan Ilmu Information. Inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan komunikasi sains dan kegiatan penjangkauan, misalnya melalui pembuatan konten daring multimedia dan kemitraan dengan Planetarium Freiburg.

Lembar fakta:

  • Prof. Dr. Thomas Kenkmann adalah profesor Geologi Umum dan Geologi Struktural di Fakultas Lingkungan dan Sumber Daya Alam Universitas Freiburg. Ia mengoordinasikan konsep strategis “EPSS@UFR – Ilmu Sistem Bumi dan Planet” untuk memperkuat ilmu sistem Bumi di fakultas tersebut.
  • Dr. Anna Gülcher adalah seorang ilmuwan Bumi dan planet di Laboratorium Propulsi Jet NASA dan di Institut Teknologi California di Pasadena (California, AS). Titik fokus penelitian yang akan ia kontribusikan pada inisiatif “EPSS@UFR – Ilmu Sistem Bumi dan Planet” adalah pemodelan proses geodinamik di Bumi dan Venus.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.