Langit Gelap di Indonesia: Letusan Eksplosif Mengirimkan Abu Bermil-mil Ke Langit
Gunung Lewotobi Laki-Laki di Indonesia meletus pada akhir tahun 2023, yang berpuncak pada letusan hebat pada bulan November 2024 yang berdampak signifikan pada perjalanan udara dengan gumpalan abu yang menjulang tinggi dan terlihat melalui satelit. Aktivitas vulkanik menyebabkan pembatalan penerbangan besar-besaran dan upaya untuk meningkatkan keselamatan perjalanan udara di sekitar abu vulkanik.
Setelah hampir dua dekade tidak aktif, Gunung Lewotobi Laki-Laki, gunung berapi di Pulau Flores, Indonesia, bangkit kembali dengan letusan pada bulan Desember 2023. Aktivitas meningkat secara signifikan pada bulan November 2024, dengan serangkaian peristiwa ledakan yang mengeluarkan aliran piroklastik yang mematikan, menyelimuti wilayah tersebut di abu, dan mengirimkan gumpalan abu yang menjulang tinggi ke atmosfer, sangat mengganggu perjalanan udara.
Pengamatan Satelit dan Aktivitas Vulkanik
Pada 13 November 2024, OLI-2 (Operational Land Imager-2) di Landsat 9 menangkap gambar gumpalan vulkanik yang melayang ke arah barat dari Gunung Lewotobi Laki-Laki. Pada hari yang sama, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan ketinggian asap mencapai 1.200 meter (3.900 kaki). Letusan ini terjadi setelah peristiwa yang lebih dahsyat pada awal bulan. Pada tanggal 7 November, letusan menyebabkan abu melonjak hingga 17.000 meter (56.000 kaki), dan letusan lainnya pada tanggal 9 November mencapai 15.000 meter (49.000 kaki), seperti yang dilaporkan oleh Pusat Penasihat Abu Vulkanik Darwin (VAAC).
Risiko Penerbangan dan Respon terhadap Gumpalan Abu
MODIS (Spektroradiometer Pencitraan Resolusi Sedang) aktif NASASensor satelit Aqua menangkap gambar (di bawah) sisa-sisa salah satu gumpalan abu yang terbang tinggi dan tersebar luas di Flores pada tanggal 9 November. Komunitas penerbangan memantau pergerakan abu vulkanik dengan cermat karena dapat menyebabkan kerusakan pada kaca depan pesawat. , badan pesawat, sayap, dan komponen mesin. Terkadang abu menyebabkan kerusakan mesin. Pesawat jet umumnya terbang pada ketinggian di atas 10.000 meter, sehingga gumpalan abu di atas ketinggian tersebut menimbulkan ancaman tertentu.
Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Melalui Kolaborasi
Setelah letusan pada tanggal 4 November, pihak berwenang menaikkan kode warna penerbangan dari oranye menjadi merah, yang merupakan skala tertinggi. Maskapai penerbangan membatalkan lebih dari 90 penerbangan pada 13 November saja dan puluhan penerbangan lainnya pada hari-hari sebelumnya karena abu, menurut laporan berita lokal. Pembatalan berdampak pada penerbangan domestik dan internasional, termasuk penerbangan masuk dan keluar Bali, sebuah pulau yang populer di kalangan wisatawan internasional. Beberapa bandara ditutup sementara setelah letusan tanggal 4 November, meskipun beberapa telah dibuka kembali sebagian pada tanggal 14 November, menurut Jakarta Globe.
Penelitian terdahulu mengenai bahaya penerbangan dan gunung berapi menempatkan bandara-bandara di Indonesia sebagai bandara ketiga paling rentan di dunia terhadap aktivitas gunung berapi. Hal ini didasarkan pada jumlah gunung berapi aktif yang pernah menimbulkan masalah di masa lalu, jumlah bandara yang terkena dampak, dan jumlah total dampak abu. Negara lain yang berisiko tinggi antara lain Amerika Serikat, Ekuador, Papua Nugini, Italia, Selandia Baru, Filipina, Meksiko, Jepang, dan Inggris.
Kolaborasi berkelanjutan antara program Bencana NASA dan beberapa pusat konsultasi abu vulkanik, yang mencakup serangkaian lokakarya, bertujuan untuk mengembangkan pengalihan penerbangan yang lebih aman dan efisien di sekitar gumpalan vulkanik menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh satelit NASA.
Gambar NASA Earth Observatory oleh Michala Garrison, menggunakan data Landsat dari US Geological Survey dan data MODIS dari NASA EOSDIS LANCE dan GIBS/Worldview.