Entertainment

Agama Mana yang Tertua?

Para penganutnya berpendapat bahwa Hinduisme—salah satu agama utama di dunia trendy, dengan sekitar satu miliar pengikut—adalah agama tertua di dunia, dengan teks kitab suci lengkap yang berasal dari 3.000 tahun yang lalu. Tradisi lisan yang memunculkan Mahabharatamisalnya, mungkin berasal dari sekitar 850 SM, meskipun bentuk tertulisnya dalam bahasa Sansekerta berusia sekitar 400 tahun lebih muda.

Zoroastrianisme, agama utama pra-Islam yang dianut di Iran, mengacu pada beberapa komposisi lisan Sansekerta dan, kemudian, teks tertulis. Pendirinya, Zarathushtra, menulis himne-himne yang sudah ada sebelum literatur Sansekerta tertulis, yang memungkinkan untuk mengklaim bahwa Zoroastrianisme lebih tua daripada Hinduisme, yang dikodifikasi secara formal.

Yudaisme juga berasal dari zaman kuno, dengan tradisi lisan yang berusia hampir 4.000 tahun dan teks tertulis yang mungkin lebih tua dari teks Hinduisme dan Zoroastrianisme Sansekerta dan Avestan. Misalnya, Pentateukh (lima kitab pertama dalam Alkitab) mempunyai beberapa unsur tertulis yang diperkirakan berasal dari pertengahan milenium ke-2 SM.

Jawaban akhir atas pertanyaan ini sebagian besar bergantung pada apa yang dimaksud dengan istilah tersebut agama dan evolusinya: Apakah memerlukan teks tertulis? Dapatkah teks-teks tersebut diberi tanggal yang tepat? Apakah sekarang harus sama seperti saat pertama kali didirikan? Misalnya, Yudaisme, Hinduisme, dan Zoroastrianisme yang dipraktikkan saat ini telah mengalami perubahan tertentu dari bentuknya yang paling kuno, begitu pula dengan agama-agama dunia yang lebih baru seperti Kristen dan Islam. Cukuplah dikatakan bahwa sebagian besar agama-agama dunia yang kita kenal sekarang berakar pada praktik-praktik yang telah berusia ribuan tahun.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button