Blogs

Apa itu Digital Advertising? Pengertian, Keunggulan, Jenis-jenis dan Tujuan

Digital advertising atau pemasaran digital, adalah strategi pemasaran produk atau jasa menggunakan media atau teknologi berbasis digital. Dalam period digital ini, pemasaran melalui web dan media sosial menjadi kunci kesuksesan dalam mempromosikan produk atau jasa. Artikel ini akan menjelaskan apa itu digital advertising, keunggulannya, jenis-jenisnya, dan tujuannya.

Apa Itu Digital Advertising?

Digital advertising adalah kegiatan pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital. Kontennya mirip dengan pemasaran konvensional, namun digital advertising memungkinkan interaksi langsung dengan calon konsumen melalui web. Dengan demikian, produk dapat lebih dikenal dan dijual dengan lebih efektif.

Keunggulan Digital Advertising

  • Menjangkau Goal Pasar yang Lebih Luas: Media digital dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, baik dalam maupun luar negeri. Potensi pasar yang besar dapat dimanfaatkan dengan baik melalui digital advertising.
  • Mendongkrak Angka Penjualan: Luasnya jangkauan pasar memberikan dampak besar pada peningkatan angka penjualan. Kemudahan informasi yang diberikan kepada konsumen tentang produk membuat mereka lebih yakin untuk membeli.
  • Lebih Hemat: Digital advertising lebih hemat dibandingkan dengan media konvensional. Berbagai alat promosi dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Jenis-Jenis Digital Advertising

1. Berdasarkan Strategi

Push Digital Advertising: Strategi ini menawarkan produk langsung kepada pelanggan untuk mendapatkan hasil penjualan cepat. Contohnya adalah endorsement produk oleh influencer atau broadcast pesan kepada kontak yang telah membeli produk.

Pull Digital Advertising: Strategi ini membuat pelanggan tertarik dan mencari tahu lebih banyak informasi tentang produk. Contohnya adalah konten search engine optimisation di situs net atau promosi potongan harga di market.

2. Berdasarkan Media Pemasaran

  • Web site: Web site resmi adalah kantor digital yang juga digunakan untuk promosi produk.
  • Pay Per Click on: Iklan promosi ditempatkan di situs net populer dengan sistem bayar per klik.
  • Search Engine Advertising (SEM): Promosi langsung di mesin pencari dengan menggunakan alat seperti Google Advertisements.
  • Social Media Advertising (SMM): Promosi melalui media sosial seperti Fb atau Instagram Advertisements.
  • E mail Advertising: Mengirim pesan promosi kepada pelanggan yang telah berlangganan publication.

Tujuan Digital Advertising

Selain meningkatkan penjualan dan consciousness produk, tujuan digital advertising juga termasuk dalam meningkatkan kualitas hubungan dan komunikasi antara pemilik usaha dengan konsumen atau calon konsumen. Digital advertising adalah upaya untuk bertahan di period globalisasi dan mempertahankan pelanggan jangka panjang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button