Geografi & Perjalanan

Es Arktik Tak Kunjung Lepas: Kebenaran Mengejutkan di Balik Lintasan Barat Laut

Es Laut Menyesakkan Lintasan Barat Laut Juli 2024

Citra satelit kepulauan dan jalur air yang membentuk titik pusat Lintasan Barat Laut yang diambil pada tanggal 13 Juli 2024 oleh Ocean Coloration Instrument di atas pesawat PACE milik NASA.

Meskipun terjadi penurunan keseluruhan dalam ketebalan dan luas es laut Arktik, rute pelayaran di sepanjang pantai utara Amerika Utara menjadi kurang dapat dilayari dalam beberapa tahun terakhir.

Northwest Passage, rute Arktik yang menantang antara Samudra Pasifik dan Atlantik, telah dilalui kurang dari 400 pelayaran sejak 1906 karena kondisi es yang berbahaya. Penelitian terkini menunjukkan bahwa meskipun perubahan iklim telah mengurangi ketebalan es secara keseluruhan, es yang lebih tua dan lebih tebal tetap ada, sehingga menghambat navigasi dengan menyumbat titik-titik kemacetan yang penting.

Sejak kapal pertama melintasi Northwest Passage yang melegenda pada tahun 1906, kurang dari 400 pelayaran telah tercatat melewatinya. Perairan Arktik yang berbahaya dan tidak dapat diprediksi menjadi tantangan bagi pelaut yang berlayar di gugusan pulau di utara daratan Kanada. Namun, jalur ini tetap menarik karena jarak yang dapat dihematnya dalam perjalanan antara Samudra Pasifik dan Atlantik.

Menurunnya ketebalan dan luas es laut di Kutub Utara di tengah iklim yang menghangat secara umum diyakini membuat jalur ini lebih memungkinkan untuk waktu yang lebih lama setiap musim panas. Namun dalam beberapa tahun terakhir, menurut analisis baru dalam Komunikasi Bumi & Lingkunganpergeseran es ke arah selatan telah menyumbatnya, menyebabkan pengurangan signifikan dalam lamanya musim pengiriman antara tahun 2007 dan 2021.

Pengamatan Satelit dan Kondisi Es

Pada tanggal 13 Juli 2024, OCI (Ocean Coloration Instrument) di atas satelit PACE (Plankton, Aerosol, Cloud, Ocean Ecosystem) milik NASA menangkap gambar langka yang sebagian besar bebas awan dari pulau-pulau dan jalur air yang membentuk titik kritis Lintasan Barat Laut. Kapal-kapal yang melakukan transit di sepanjang Kanada utara ini harus melewati Pulau Victoria baik di utara maupun selatan. Setiap rute memiliki “titik-titik kemacetan” sendiri di mana es cenderung terkumpul dan bertahan. Dalam gambar ini, es tampak menghalangi semua jalur.

Padahal, pada tanggal 15 Juli, selama puncak musim pencairan, luas es laut Arktik berada di peringkat ketujuh terendah dalam catatan satelit untuk tanggal tersebut, menurut Pusat Knowledge Salju dan Es Nasional (NSIDC). Di sekitar kepulauan Kanada, yang sebagian besarnya ditunjukkan di sini, es laut “tampaknya mendekati degree terendah yang pernah tercatat untuk saat ini,” kata Walt Meier, seorang ilmuwan es laut di NSIDC. Es di sepanjang rute selatan seharusnya sudah menipis jauh sebelum titik terendah es laut pada akhir September, tambahnya, tetapi cakupan di saluran tersebut dapat berubah tergantung pada bagaimana angin mengangkut es yang hanyut.

Tren Penutupan Es di Kutub Utara

Knowledge satelit selama empat puluh tahun menunjukkan bahwa lapisan es laut Arktik telah menurun selama beberapa dekade. Selain lapisan es yang menyusut, musim pencairan semakin panjang dan es laut kehilangan keawetannya. Es laut yang berusia lebih dari empat tahun menutupi hampir 2,5 juta kilometer persegi pada akhir musim pencairan musim panas pada bulan September 1985, menurut NOAALaporan Arktik 2023. Pada September 2023, es tua menutupi kurang dari 100.000 kilometer persegi.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa es laut tua yang mencair menghambat pelayaran di Lintasan Barat Laut. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa es yang mencair selama beberapa tahun di selatan dari wilayah lintang tinggi mempertahankan apa yang disebut titik-titik kemacetan di sepanjang ruas rute tertentu, sehingga mengurangi panjang musim pelayaran secara keseluruhan,” tulis para penulis studi. Es yang lebih tua dan lebih tebal lebih tahan terhadap perubahan atmosfer dan lautan. Es juga kehilangan sebagian kandungan garamnya, sehingga tetap beku pada suhu yang lebih tinggi.

Dampak pada Navigasi Maritim

“Dulu, sebagian besar Lintasan Barat Laut masih tertutup es, yang akan menghalangi aliran masuk dari Samudra Arktik,” kata Meier, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. Sekarang, saat kanal mencair, katanya, es tebal yang berbahaya bagi pelayaran dapat mengalir masuk. Dan meskipun tidak banyak es yang bertahan selama beberapa tahun di Arktik, sebagian besar berada di sekitar pulau-pulau Kanada utara dan Greenland, katanya. “Lokasinya tepat untuk berpotensi menyusup ke kanal-kanal kepulauan tersebut.”

NASA Gambar Observatorium Bumi oleh Michala Garrison, menggunakan information PACE dari NASA EOSDIS LANCE dan GIBS/Worldview.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.