Blogs

Melangkah Bersama: Membangun Kesadaran dan Perhatian terhadap Kesehatan Psychological Mahasiswa

Maraknya kasus bunuh diri mahasiswa yang baru-baru ini terjadi telah memicu berbagai pertanyaan, apakah kondisi psychological mahasiswa di period ini baik-baik saja?

Mahasiswa sebagai agen perubahan dalam perjalanan akademis dan sosialnya seringkali menghadapi tekanan dan stres yang tinggi. Hal ini bukan merupakan hal yang lumrah namun sudah menjadi isu mendesak yang perlu diteliti, didiskusikan dan dipahami lebih baik.

Tentu jika isu ini tidak ditanggapi secara serius dikhawatirkan akan memperburuk kondisi kesehatan psychological mahasiswa.

Seringkali kesehatan psychological yang buruk jarang terdeteksi dikarenakan faktor pribadi yang tertutup ataupun lingkungan sosial yang kurang peka terhadap perubahan-perubahan tingkah laku orang-orang disekitar mereka.

Banyak orang merasakan tekanan karena berada jauh dari rumah untuk pertama kalinya, menghadapi beban keuangan dan  tekanan sosial yang semakin meningkat. Inilah mengapa peran kesehatan psychological sangat penting.

Disini juga diperlukan sifat keterbukaan setiap mahasiswa terhadap masalah yang dihadapinya, baik kepada keluarga maupun orang terdekat.

Stres akademik merupakan salah satu permasalahan yang hampir selalu menyertai perjalanan seorang mahasiswa. Persaingan yang ketat, tekanan tugas kuliah, dan ekspektasi yang  tinggi dari diri sendiri dan orang lain juga dapat menimbulkan banyak tekanan.

Menurut saya, stres ini jika tidak ditangani dengan cepat dapat membahayakan kualitas hidup dan prestasi akademik setiap mahasiswa.

Oleh karena itu, setiap universitas dan perguruan tinggi perlu membantu mahasiswanya mendapatkan dukungan psychological yang lebih lengkap, seperti layanan konseling atau komunitas kesehatan psychological agar mahasiswa dapat mengatasi tekanan akademik dan sosial secara lebih efektif. Tak hanya stres akademik, permasalahan keuangan juga kerap menjadi beban bagi mahasiswa.

Meningkatnya biaya pendidikan dan meningkatnya biaya hidup sehari-hari  juga dapat menjadi sumber stres yang serius. Siswa yang mengalami kesulitan keuangan lebih rentan terhadap masalah kesehatan psychological. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memiliki program bantuan keuangan dan pemahaman menyeluruh tentang pengelolaan keuangan.

Menanggapi hal-hal tersebut, penting agar antar mahasiswa ataupun orang sekitar untuk lebih peka terhadap segala gejala-gejala kesehatan psychological yang buruk.

Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk membantu mahasiswa terhindar dari bentuk depresi terburuk, yaitu bun*h d*ri. Dari saya sendiri yang seorang mahasiswa, ikut merasa terpukul ketika mendengar kasus bun*h d*ri mahasiswa di tanah air ini. Kesehatan psychological adalah tanggung jawab bersama.

Semua pihak baik pemerintah, perguruan tinggi, dosen, maupun mahasiswa lainnya harus bekerja sama menciptakan lingkungan yang mendukung bagi perkembangan akademik dan kesehatan psychological yang sehat. Dengan memperhatikan masalah ini, kita dapat membantu mahasiswa mengatasi tantangan yang mereka hadapi selama studi di universitas dan memastikan bahwa pengalaman belajar mereka positif dan dapat memberikan wadah pengembangan diri agar menjadi versi terbaik mereka.

Ayo sayangi dirimu, kamu berharga lebih dari yang kamu kira.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button