Geografi & Perjalanan

Mengungkap Rahasia Abadi: Penyimpanan Karbon di Majestic Moors of Yorkshire

Orang Moor Yorkshire Dari Luar Angkasa 2023 Beranotasi

Citra satelit North York Moors di Yorkshire, Inggris ditangkap pada 26 Desember 2023, oleh Operational Land Imager-2 di Landsat 9.

Perbukitan tanah gambut menyimpan tanaman berusia ribuan tahun di timur laut Inggris.

Taman Nasional North York Moors di Yorkshire memiliki perbukitan dan lahan tegalan yang luas. Ditetapkan pada tahun 1952, taman ini terkenal karena bunga heather ungu dan tanah gambut dalam, yang penting untuk penyimpanan karbon. Citra satelit membantu memantau bentang alam tersebut, sementara inisiatif konservasi berfokus pada pemulihan ekosistem gambut untuk memerangi degradasi.

Di North York Moors di Yorkshire, Inggris, waktu seakan berhenti. Bukit-bukit bergelombang yang terbuka lebar, diselingi dengan rumah-rumah pertanian abad ke-18, menyimpan gambut berusia ribuan tahun di bawah bunga heather yang berbunga. Perbukitan terbuka di lanskap tegalan menginspirasi pemandangan di dalamnya Ketinggian Wuthering Dan Jane Eyre oleh Emily dan Charlotte Brontë, yang tumbuh di antara suku Moor di Yorkshire barat.

OLI-2 (Operational Land Imager-2) Landsat 9 menangkap gambar North York Moor ini pada tanggal 26 Desember 2023. Moor itu sendiri, berwarna coklat pada gambar ini, menjadi lautan bunga ungu yang mekar pada akhir Agustus dan September. Semak yang tumbuh di dataran tinggi memberi warna lebih gelap. Di antara padang rumput, lembah yang tertimbun oleh air lelehan glasial tampak berwarna hijau muda. (Jika lembah lebih terlihat seperti dataran tinggi, Anda mungkin mengalami inversi aid.)

Detail Moor Yorkshire Dari Luar Angkasa 2023

Tampilan element dari citra satelit di atas.

North York Moors, yang luasnya sekitar 1.430 kilometer persegi (550 mil persegi), ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1952. Taman ini memiliki salah satu hamparan tegalan kaya karbon terluas di Inggris. Moorland umumnya mengacu pada lanskap dataran tinggi yang ditutupi semak heather (Calluna vulgaris), yang berbunga ungu pekat di akhir musim panas (terlihat pada foto di bawah). Heather tumbuh di rawa-rawa serta tanah gambut dangkal dan tanah mineral yang cukup kering untuk dilalui.

Di Inggris yang beriklim basah dan dingin, tumbuh-tumbuhan tidak mudah membusuk. Lumut sphagnum dan rumput lama kelamaan menumpuk bahan organik, membentuk gambut—bahan tanaman yang sebagian sudah membusuk. Heather, bilberry, dan rerumputan kemudian tumbuh di lapisan gambut.

Bunga Heather Yorkshire Moor yang sedang mekar

Laut dan langit, Teluk Robin Hood, bunga heather yang mekar di North York Moors pada 21 Agustus 2019. Kredit: Dave Morton, Flickr

Sebagian besar wilayah North York Moors ditutupi oleh gambut dangkal dengan kedalaman kurang dari 40 sentimeter. Namun di tengah taman nasional, sekitar 5.000 hektar lahan gambut dalam telah menyimpan karbon selama ribuan tahun. Gambut terdalam di taman ini (sekitar 6 meter) diperkirakan berumur hingga 6.000 tahun. Namun, sebagian lahan gambut telah terdegradasi dan terkikis akibat drainase buatan untuk pertanian, dan sebagian lagi rusak akibat kebakaran.

Kemitraan berbagai organisasi berupaya memulihkan ekosistem pembentuk gambut di North York Moors dengan membasahi kembali dan melakukan penanaman kembali lahan. Mereka juga menciptakan teknologi sumber terbuka untuk pemantauan jarak jauh terhadap habitat lahan gambut di Yorkshire, menggunakan satelit Landsat dan Sentinel. Hingga Maret 2023, kemitraan ini telah merestorasi 42.000 hektar lahan gambut.

NASA Gambar Observatorium Bumi oleh Wanmei Liang, menggunakan knowledge Landsat dari Survei Geologi AS.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button