Tech

Oracle vs Workday: Perbandingan perangkat lunak SDM


Pelajari bagaimana solusi Oracle dan Workday HR membandingkan, termasuk perbandingan fitur berdampingan, element harga, dan informasi tentang penerapan.

Workday dan Oracle adalah vendor perangkat lunak sumber daya manusia yang berperingkat tinggi, dan kedua perusahaan menawarkan solusi tangguh untuk mengelola beragam alur kerja dan information SDM. Cari tahu perbandingan antara Workday HCM dan Oracle HCM untuk membantu Anda memilih perangkat lunak SDM yang tepat untuk bisnis Anda.

LIHAT: Perbandingan fitur: Perangkat lunak dan sistem pelacakan waktu (TechRepublic Premium)

Lompat ke:

Apa itu Hari Kerja?

Logo hari kerja.
Gambar: Hari kerja

Workday HCM adalah perangkat lunak sumber daya manusia berbasis cloud yang mencakup seperangkat alat SDM lengkap seperti ketepatan waktu, manajemen kinerja, dan pembandingan kompensasi. Produk manajemen sumber daya manusia Workday dirancang untuk bisnis skala menengah hingga perusahaan. Perangkat lunak SDM ini menawarkan kemampuan pelaporan dan analitik information yang komprehensif termasuk pemodelan prediktif.

Apa itu Oracle?

Logo Oracle.
Gambar: Oracle

Penawaran manajemen sumber daya manusia Oracle mencakup modul yang didedikasikan untuk manajemen bakat, manajemen tenaga kerja, dan penggajian.

Oracle vs Workday: Perbandingan fitur

FiturPeramalHari kerja
Pemodelan prediktifYaYa
AwanYaYa
Manajemen kinerjaYaYa
Pelacakan waktuYaYa
Penggajian untuk karyawan yang berbasis di ASYaYa
gaji internasionalYaYa
Perencanaan tenaga kerjaYaYa
Manajemen pembelajaranYaYa
analitik SDMYaYa

Professional dan kontra dari Workday

Kelebihan Hari Kerja

Gambar A

Gambar: Hari kerja

Perangkat lunak HR Workday memungkinkan organisasi untuk mengelola semua alur kerja HR mereka dan menyimpan semua information HR dalam satu sistem terpusat. Ini memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi karyawan dan administrator. Alat swalayan karyawan Workday cukup mudah digunakan di net dan seluler, sehingga karyawan dapat mengakses lembar waktu, potongan gaji, dan informasi manfaat dari mana pun mereka berada.

Satu space di mana Workday benar-benar bersinar adalah manajemen kompensasi. Perangkat lunak ini menyediakan alat pembandingan kompensasi yang kuat yang terintegrasi dengan baik dengan alat perekrutan untuk menilai gaji untuk peran yang akan datang. Tolok ukur gaji penting untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik di pasar tenaga kerja yang kompetitif saat ini. Tolok ukur gaji juga dapat digunakan untuk tujuan kesetaraan dan inklusi untuk memastikan pembayaran yang adil di seluruh organisasi.

Kontra Hari Kerja

Ulasan beragam ketika datang ke antarmuka pengguna Workday. Beberapa pengguna menganggap sistem Workday mudah dinavigasi, sementara yang lain merasa UI-nya membuat frustrasi atau ketinggalan zaman. Ini agak tergantung pada preferensi pribadi, tetapi perlu dicatat bahwa Workday adalah sistem yang cukup rumit dan sebagian besar pengguna memerlukan pelatihan untuk menggunakannya dengan benar. Sebelum memilih solusi perangkat lunak, selalu merupakan ide bagus untuk mendaftar demo dan mencoba sendiri antarmukanya.

Penipu potensial lainnya adalah harga. Workday tidak menawarkan harga yang transparan, jadi Anda harus menghubungi perusahaan untuk mendapatkan penawaran. Workday umumnya lebih ditujukan untuk perusahaan menengah hingga perusahaan, sehingga fitur dan harganya dirancang untuk perusahaan besar dengan anggaran lebih besar dan kebutuhan SDM tingkat lanjut. Jika Anda mencari perangkat lunak SDM untuk bisnis kecil, sebaiknya periksa vendor seperti Rippling yang ditargetkan untuk perusahaan kecil.

Professional dan kontra dari Oracle

Gambar B

Gambar: Oracle

Kelebihan Oracle

Salah satu kelebihan terbesar dalam menggunakan perangkat lunak SDM Oracle adalah dari Oracle, yang merupakan perusahaan mapan dengan reputasi kuat untuk keamanan information. Perusahaan dapat merasa yakin bahwa praktik keamanan information Oracle memenuhi standar industri bahkan untuk industri yang lebih sensitif atau teregulasi seperti layanan kesehatan dan pemerintah. Ini penting karena bisnis menyimpan banyak informasi sensitif karyawan dan information perbankan dalam perangkat lunak SDM.

LIHAT: Memilih layanan penggajian: Panduan untuk pemimpin bisnis (TechRepublic Premium)

Oracle menawarkan dasbor information dan analitik SDM yang bermanfaat dengan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang perekrutan dan peluang SDM seperti rekomendasi tentang cara mengalokasikan tenaga kerja dengan lebih baik atau memajukan karyawan di dalam perusahaan. Oracle memiliki dukungan penggajian internasional yang cukup kuat dalam aplikasi aslinya dan melalui integrasi dengan ADP. Perusahaan telah merencanakan ekspansi ke beberapa perusahaan tambahan termasuk Prancis selama beberapa tahun ke depan.

Kontra dari Oracle

Salah satu kelemahan Oracle adalah, seperti Workday, ini bukan perangkat lunak yang paling mudah untuk diketahui. Administrator yang paham teknologi dan staf SDM harus dapat mempelajari sistem dengan cukup cepat dengan pelatihan yang tepat; namun, karena swalayan karyawan merupakan bagian penting dari perangkat lunak SDM, beberapa organisasi lebih memilih sistem perangkat lunak SDM dengan kurva pembelajaran yang lebih kecil untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi karyawan baru.

Bagaimana Tenaga Kerja dibandingkan dengan Oracle?

Perencanaan tenaga kerja

Gambar C

Kredit: Hari kerja

Alat perencanaan tenaga kerja Workday dirancang untuk memberikan wawasan kepemimpinan SDM ke dalam information historis tenaga kerja mereka untuk merencanakan masa depan; misalnya, platform dapat menggunakan information masa lalu untuk membuat mannequin prediksi tentang kebutuhan tenaga kerja mendatang. Ini akan membantu perusahaan Anda secara akurat merencanakan dan menganggarkan perubahan kebutuhan tenaga kerja, dan terutama memberi tim perekrutan awal dalam membangun saluran pelamar untuk peran yang dibutuhkan.

Fitur pemodelan tenaga kerja Oracle menggunakan alat intelijen bisnis untuk membantu menilai kebutuhan staf dan reorganisasi perusahaan di masa mendatang berdasarkan potensi situasi bisnis yang berbeda. Alat pemodelan dan visualisasi information Oracle sangat bagus, karena dirancang agar dapat diakses bebas kode untuk semua pengguna dan bukan hanya analis information.

Pemrosesan dan analitik penggajian

Gambar D

Kredit: Oracle

Hari kerja mencakup kemampuan pemrosesan penggajian untuk karyawan yang berbasis di AS, Inggris, Kanada, dan Prancis; perangkat lunak SDM mengintegrasikan penyedia penggajian lainnya untuk pemrosesan penggajian internasional ke negara-negara yang tidak didukung. Dasbor penggajian hari kerja cukup mudah dibaca dan memberikan wawasan bermanfaat tentang metrik seperti biaya tenaga kerja, pengeluaran lembur, dan tren kompensasi.

Oracle mendukung pemrosesan penggajian ke 13 negara, termasuk AS, Inggris, Kanada, Meksiko, dan beberapa negara di Timur Tengah. Perusahaan dapat mengakses analitik penggajian serta menyiapkan pemrosesan penggajian berbasis aturan. Oracle juga berintegrasi dengan ADP, penyedia perangkat lunak penggajian yang populer, untuk pemrosesan penggajian domestik dan international.

Penyebaran

Workday dan Oracle adalah sistem yang besar dan kompleks, dan banyak perusahaan akan mendapat manfaat dari bekerja sama dengan konsultan pihak ketiga saat menerapkan solusi SDM ini.

Workday memiliki daftar mitra penerapan yang direkomendasikan perusahaan untuk digunakan pelanggan. Pelanggan baru yang tidak ingin melibatkan konsultan luar untuk penerapan dapat bekerja dengan tim layanan profesional Workday untuk menyiapkannya. Bisnis juga dapat menggunakan Workday Success Plans, layanan berbasis langganan yang menawarkan akses ke sumber daya, alat, dan keahlian tambahan untuk membantu pelanggan memahami Workday.

Untuk proses penyiapan Oracle, ada banyak information untuk diimpor, peran dan alur kerja untuk ditentukan, dan pelatihan diperlukan. Pelanggan Oracle yang sudah ada kemungkinan akan lebih mudah menerapkan sistem SDM dan belajar untuk memanfaatkannya sepenuhnya.

Bagaimana memilih perangkat lunak SDM yang tepat untuk bisnis Anda

Memilih perangkat lunak SDM yang tepat bisa jadi sulit. Kedua platform Workday dan Oracle ini menawarkan alat SDM yang tangguh dengan kemampuan kustomisasi yang stable; namun, setiap perangkat lunak SDM unggul dalam bidang SDM yang berbeda, jadi merupakan ide bagus untuk memprioritaskan fitur yang paling dibutuhkan organisasi Anda. Workday menawarkan alat manajemen kompensasi yang kuat, sementara Oracle unggul dalam bidang kinerja dan penggajian internasional.

Perlu diingat bahwa solusi Oracle dan Workday HR ini cenderung memenuhi kebutuhan bisnis besar, sementara bisnis kecil mungkin merasa sistemnya terlalu rumit atau mahal.

Baca selanjutnya: 8 perangkat lunak akuntansi perusahaan terbaik untuk tahun 2023


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button