Penelitian baru menghancurkan mitos nada yang sempurna


Selama beberapa dekade, orang percaya pitch absolut adalah kemampuan eksklusif yang hanya diberikan kepada mereka yang memiliki genetika yang tepat atau pelatihan musik awal. Tetapi penelitian baru dari University of Surrey membuktikan sebaliknya.
Sudah menjadi keyakinan lama bahwa nada absolut-kemampuan untuk mengidentifikasi catatan musik tanpa referensi-adalah bakat langka yang terbatas pada mereka yang memiliki sifat genetik spesifik atau pelatihan musik awal. Namun, penelitian baru dari University of Surrey menantang ide ini, menunjukkan bahwa orang dewasa dapat mengembangkan nada absolut melalui pelatihan khusus.
Studi yang diterbitkan hari ini di Buletin & Ulasan Psikonomismengikuti 12 musisi dewasa dengan berbagai tingkat pengalaman saat mereka menyelesaikan program pelatihan online delapan minggu. Tidak seperti penelitian sebelumnya, yang sering berfokus pada mengenali ketinggian pitch yang tepat, program ini menekankan kelas pitch pembelajaran – inti dari pitch absolute. Untuk mencegah ketergantungan pada strategi pitch relatif, peserta dilatih tanpa isyarat eksternal atau perbandingan catatan mental. Mereka juga harus menyelesaikan level akhir beberapa kali untuk mengesampingkan tebakan yang beruntung.
Terlepas dari keyakinan umum bahwa nada absolut tidak dapat dipelajari di masa dewasa, para peserta menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Rata -rata, mereka berhasil mengidentifikasi tujuh nada musik dengan setidaknya 90% ketepatan. Dua orang bahkan menunjukkan pengakuan sempurna dari semua dua belas pitch, tampil pada tingkat yang sebanding dengan yang secara alami memiliki nada absolut.
Yetta Wong, penyelidik utama dan dosen di University of Surrey mengatakan:
“Temuan kami memberikan bukti kuat bahwa pitch absolut tidak terbatas pada beberapa orang tertentu. Dengan pelatihan terfokus, orang dewasa dapat memperoleh keterampilan yang luar biasa ini, seperti bagaimana mereka mempelajari keterampilan kognitif yang kompleks lainnya. ”
Alan Wong, rekan penulis makalah dan dosen senior di Surrey's School of Psychology menambahkan:
“Penelitian ini memiliki implikasi yang signifikan untuk pemahaman kita tentang kognisi dan pembelajaran musik dan membuka pintu bagi musisi dari segala usia untuk mengeksplorasi dan mengembangkan musikalitas mereka dengan potensi sepenuhnya.”
Referensi: “Belajar penilaian pitch absolut yang cepat dan akurat di masa dewasa” oleh Yetta Kwailing Wong, Leo YT Cheung, Vince Sh Ngan dan Alan C.-N. Wong, 12 Februari 2025, Buletin & Ulasan Psikonomis.
Doi: 10.3758/s13423-024-02620-2