Sains & Teknologi

Peringatan: 97% Sampel Gasoline Alam Amerika Utara yang Diuji Mengandung Benzena Penyebab Kanker

Kebocoran Gas Alam

Penelitian terkini menunjukkan risiko tinggi kebocoran fuel alam yang tidak terdeteksi di rumah-rumah di seluruh Amerika Utara, dengan polutan berbahaya seperti benzena yang umum ditemukan. Studi ini menyerukan standar deteksi kebocoran yang lebih baik dan transparansi yang lebih besar dalam komposisi fuel alam untuk meningkatkan kualitas dan keamanan udara dalam ruangan.

Hasilnya menggarisbawahi pentingnya penerapan standar yang lebih ketat untuk mencium bau fuel alam dan mendeteksi kebocoran.

Temuan baru mengungkapkan bahwa orang dengan indra penciuman rata-rata mungkin tanpa sadar hidup dengan kebocoran fuel alam. Menurut sebuah studi yang ditinjau sejawat dalam jurnal ilmiah Surat Penelitian LingkunganKebocoran kecil dapat menurunkan kualitas udara dalam ruangan dengan mengeluarkan berbagai polutan berbahaya, seperti benzena—karsinogen yang terdeteksi dalam 97% sampel fuel alam di seluruh Amerika Utara.

“Meskipun kebocoran yang lebih kecil ini tidak cukup besar untuk menyebabkan ledakan fuel, kebocoran yang sulit dicium adalah hal yang umum,” kata penulis utama dan Ilmuwan Energi Sehat PSE Sebastian Rowland. “Fakta bahwa kebocoran tersebut sangat kecil membuatnya sulit diidentifikasi dan diperbaiki, yang dapat menyebabkan sumber benzena dan metana yang terus-menerus di dalam ruangan.”

Temuan Studi tentang Komposisi Gasoline dan Bau

Studi ini merupakan yang pertama kali menilai apakah kebocoran fuel mengandung cukup zat berbau untuk melindungi dari paparan benzena tingkat tinggi, dan menyediakan knowledge terlengkap hingga saat ini tentang komposisi fuel alam rumah tangga. Peneliti dari PSE Wholesome Power dan Universitas Stanford mengumpulkan dan menganalisis 587 sampel fuel alam dari 481 rumah di 17 kota di Amerika Utara.

Sampel diuji untuk mengetahui adanya metana, polutan udara berbahaya, dan zat berbau berbasis sulfur, dan para peneliti memodelkan jumlah fuel yang dapat bocor tanpa terdeteksi oleh penduduk dengan indra penciuman rata-rata. Temuan mereka mengonfirmasi bahwa benzena dan polutan udara berbahaya lainnya terdapat di hampir semua fuel alam yang dipasok ke rumah tangga, gedung, dan bisnis di seluruh Amerika Utara.

“Hidung kita adalah garis pertahanan pertama dan satu-satunya terhadap kebocoran fuel di tingkat rumah tangga,” kata Ilmuwan Senior PSE Drew Michanowicz. “Mengingat variasi tingkat bau dan perbedaan besar dalam kemampuan mencium di antara masyarakat umum, temuan kami benar-benar mempertanyakan ketergantungan tunggal pada bau untuk melindungi orang dari kebocoran fuel.”

Kesenjangan Geografis dalam Tingkat Benzena dan Bau

Rata-rata, fuel yang dikirim ke rumah-rumah di Vancouver, Los Angeles, Calgary, dan Denver memiliki kadar benzena dua kali lebih tinggi daripada kota-kota lain, dengan kadar benzena di Vancouver hampir lima puluh kali lebih tinggi daripada kota dengan konsentrasi terendah, Boston. Kadar zat pengharum dalam fuel Houston kira-kira lima kali lebih tinggi daripada Toronto, sedangkan kota-kota tetangga New York Metropolis dan Washington, DC, tampaknya menggunakan produk zat pengharum yang sama sekali berbeda, yang menunjukkan kurangnya standarisasi.

Rata-rata, tingkat bau fuel alam yang terukur seharusnya dapat mengingatkan sebagian besar penghuni akan kebocoran fuel yang dapat mengakibatkan paparan benzena tinggi; namun, setiap rumah tangga menghadapi situasi berbeda karena perbedaan kepekaan penciuman pribadi, tingkat ventilasi, komposisi fuel, dan hambatan dalam memperbaiki kebocoran setelah terdeteksi.

Tim peneliti menyarankan agar regulator dan konsumen memperoleh manfaat dari transparansi komposisi fuel alam yang lebih baik, seperti akses terbuka ke knowledge komposisi fuel alam dan pengambilan sampel secara berkala. Selain itu, peningkatan deteksi kebocoran melalui standar bau yang lebih ketat atau peningkatan penggunaan perangkat pendeteksi kebocoran, atau pengurangan penggunaan fuel secara keseluruhan dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dan kesehatan masyarakat.

Referensi: “Komposisi fuel alam hilir di AS dan Kanada: implikasi untuk kebocoran metana dalam ruangan dan paparan polutan udara berbahaya” oleh Sebastian T Rowland, Eric D Lebel, Jackson SW Goldman, Jeremy Okay Domen, Kelsey R Bilsback, Angélica Ruiz, Jessie M Jaeger, Lee Ann L Hill, Yannai S Kashtan, Colin Finnegan, Metta Nicholson, Zutao Ouyang, Robert B Jackson, Seth BC Shonkoff dan Drew R Michanowicz, 4 Juni 2024, Surat Penelitian Lingkungan.
Nomor Induk Kependudukan: 10.1088/1748-9326/ad416c

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button