Sejarah & Masyarakat

Sejarah Lupa Armada Taksi Listrik Pertama New York – Di tahun 1800 -an

Kota New York memiliki masalah kuda di abad ke-19 terakhir. Jalanan dan gang macet dengan sekitar 150.000 hewan – masing -masing menghasilkan lebih dari 35 pon limbah setiap hari. Logistik membuang kotoran sebanyak itu menciptakan tantangan besar yang ingin dipecahkan oleh warga New York. Dan penemuan baru – mobil – tampaknya menjadi jawabannya.

Awal listrik

Ketika layanan takikab bermotor pertama di kota ini diluncurkan pada tahun 1896, itu menampilkan teknologi energi bersih yang mungkin menunjukkan warga New York modern. Taksi adalah kendaraan listrik. Diproduksi oleh perusahaan kendaraan listrik yang bernama lurus, mobil -mobil itu dikenal sebagai Electrobat dan muncul sebagai kendaraan listrik terkemuka di pasar. Temuan Philadelphia Henry Morris dan Pedro Salom mematenkan Electrobat pada tahun 1894 dan dalam dua tahun telah mengembangkan versi yang lebih kecil dan lebih cepat. Beratnya 2.900 pound, model baru ini didorong oleh baterai asam timbal. Itu mencapai kecepatan tertinggi 20 mil suatu kehormatan dan mampu menempuh jarak hingga 25 mil dengan satu biaya.

Gagasan EV yang meluncur di sekitar New York City pada tahun 1890-an mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tetapi mobil bertenaga baterai menjual kembali rekan-rekan pembakaran internal mereka pada awal zaman otomatis. Mobil listrik tenang, bersih, dan mudah dikendarai.

“Saat itu, Anda beruntung jika mobil gas dimulai di pagi hari,” kata Dan Albert, penulis Apakah kita sudah sampai? Masa lalu mobil Amerika, sekarang, dan tanpa pengemudi. “Itu berisik, berpolusi, dan reyot, sedangkan mobil listrik dimulai dengan flip sakelar.”

Ini adalah awal zaman listrik, sesaat ketika teknologi memanfaatkan sumber daya tampaknya mampu mengatasi tantangan apa pun. “Jika Anda bertanya kepada orang -orang di jalan apa yang akan terjadi, mereka akan mengatakan listrik adalah kekuatan ajaib ini,” kata sejarawan mobil listrik David A. Kirsch, authro of Kendaraan listrik dan beban sejarah. “Kami memanfaatkannya untuk cahaya. Kami memanfaatkannya untuk traksi melalui troli. Ini menyebar ke mana -mana, dan sekarang akan membawa kita berkeliling. ”

Morris dan Salom membawa Electrobat ke New York dan menyusun sistem bertukar baterai yang cerdik di dalam gelanggang seluncur es Broadway untuk menjaga taksi perusahaan tetap beroperasi.

Karyawan bermanuver kendaraan dengan lift dan hidrolika sehingga crane overhead dapat mencabut baterai 1.250 pon yang habis dan memasukkan yang baru diisi. Prosesnya hanya memakan waktu tiga menit. “Itu jauh lebih cepat daripada mengubah tim kuda dan mungkin secepat apa yang akan kita kaitkan saat ini untuk mengisi tangki gas,” kata Kirsch.

Gelembung meledak

Akselerasi cepat electrobat dan perjalanan yang tenang menimbulkan beberapa tantangan yang tidak terduga. Pada bulan Mei 1899, sopir taksi Jacob German menjadi operator mobil pertama yang ditangkap karena ngebut setelah melesat ke Lexington Avenue dengan kecepatan 12 mil per jam. Beberapa bulan kemudian, taksi listrik yang secara fatal melanda broker real estat Henry Bliss ketika ia melangkah dari trem Upper West Side. Pejalan kaki pertama yang dibunuh oleh mobil yang tidak pernah mendengar elektrobat datang.

Morris dan Salom memutuskan bahwa alih-alih menjual kendaraan mereka, mereka akan menyewakannya, berdasarkan bulanan atau per-naik. Di seberang New York City, layanan taksi mereka – Perusahaan Kereta Listrik dan Wagon – Took Off. Armada taksi mereka diperluas dari selusin mobil pada tahun 1897 menjadi lebih dari seratus pada tahun 1899.

Dengan pertumbuhan bisnis mereka, Morris dan Salom membayangkan masa depan yang agung untuk mobil mereka. Mereka menemukan dukungan baru dari investor kaya, terutama pemodal New York William Whitney, yang dikenal karena keberhasilannya dalam menggemparkan trem kota. Di bawah kepemilikan Whitney, grup ini juga membeli perusahaan manufaktur baterai terkemuka, yang bertujuan untuk mengendalikan sebagian besar pasar kendaraan listrik secara nasional.

Perusahaan kendaraan listrik dengan cepat memperluas operasi taksi ke kota -kota besar seperti Philadelphia, Chicago, dan Boston, akhirnya menjadi produsen mobil terbesar di negara ini. Namun, ekspansi yang cepat terbukti tidak berkelanjutan. Operasi di luar New York dijalankan dengan buruk, dan investor merasa ditipu ketika tahun 1899 New York Herald Investigasi mengungkapkan bahwa perusahaan kendaraan listrik secara curang mendapatkan pinjaman. Saham perusahaan jatuh, dan keuangan perusahaan tumbuh tegang pada tahun 1902.

Mobil listrik kehilangan tenaga

Runtuhnya perusahaan mengirim gelombang kejutan melalui komunitas investasi dan melemparkan bayangan gelap atas masa depan kendaraan listrik yang sebelumnya cerah. “Hal yang membunuh itu bukan ide, teknologi, atau model bisnis,” kata Albert. “Itu adalah nuansa wheeler-dealers di belakangnya.”

Kebakaran yang menghancurkan menghancurkan sebagian besar armada, dan kemudian kepanikan tahun 1907, krisis keuangan nasional, menyebabkan produksi mobil anjlok, menangani pukulan terakhir untuk taksi listrik di New York City. Tetapi kendaraan bertenaga bensin mendapatkan momentum di pasar. Pada tahun 1907, pengusaha lokal Harry Allen memperkenalkan layanan taksi dengan 65 taksi bertenaga bensin yang diimpor dari Prancis. Dalam setahun, armadanya telah membengkak menjadi 700 kendaraan. Tampaknya New York tidak akan pernah melihat ke belakang.

Hari-hari EVS diberi nomor, terutama setelah Model-T yang terjangkau dan bertenaga gas memulai debutnya pada tahun 1908. Mobil-mobil listrik bertahan hingga tahun 1920-an, sementara mesin pembakaran internal semakin populer, berlangsung untuk mengendarai abad Amerika berikutnya. Tapi mobil listrik akan kembali. Ketika 25 taksi semua-listrik mulai beroperasi di jalan-jalan New York pada tahun 2022, mobil masa depan tiba-sekali lagi.

Artikel ini awalnya diterbitkan 4 Juni 2024. Ini telah diperbarui.

Versi cerita ini muncul dalam edisi Maret 2025 National Geographic majalah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.