Sejarah & Masyarakat

The Heroon of Trysa: A Lycian Tomb ReACKEARS

Heroon Trysa adalah makam dinas Lycian yang kuat yang dikelilingi oleh dinding polisi yang ditutupi dengan friezes mitologis yang luar biasa. Telah ditemukan pada tahun 1841 M ketika seorang guru sekolah Polandia-Prusia dan filolog klasik, Julius August Schönborn (1801-1857 M), berangkat untuk menjelajahi Semenanjung Teke di Turki barat daya. Lebih dari 2.000 tahun sebelumnya, wilayah pegunungan ini di sebelah timur Rhodes telah menjadi kerajaan Lycia. Schönborn mengenali karakteristik batu ogival sarkofagi dan makam pilar Lycian. Apa yang dia temukan pada tanggal 20 Desember, bagaimanapun, sama sekali berbeda, dan nasib berikutnya dari friezes ini akan memperindah kisah arkeologis yang sudah menarik.


Model heroon trysa

Model heroon trysa

Duncan JD Smith (Hak Cipta)


Pahlawan Homer


Misteri yang cukup besar mengelilingi Trysa dan Lycians. Didorong oleh kurangnya bahan prasejarah di semenanjung, para arkeolog menyarankan Lycian adalah pemukim nomaden. Tembikar yang digali pada tahun 1950-an di situs Lycian Xanthos yang lebih terkenal menunjukkan bahwa mereka tiba di daerah itu selama abad ke-8 SM. Jika benar, ini akan membuat penampilan mereka kontemporer dengan Homer, penulis semi-legendaris dari Iliad dan Pengembaraan. Memang, penyebutan sastra pertama Lycia ada di Iliaddi mana Homer menulis bahwa “orang -orang Lycian dipimpin oleh Sarpedon dengan Glaucus, para pahlawan, jauh dari Lycia, dari perairan Xanthus yang berputar” untuk bertarung dalam Perang Trojan (IliadBuku II, baris 875). Herodotus kemudian berpendapat bahwa Sarpedon telah melakukan Lycians ke Turki (Anatolia) dari Kreta.


YouTube

Ikuti kami di YouTube!


Adapun nama 'Lycia', menurut mitologi Yunani, itu berasal dari pedagang Athena yang diasingkan, Lycus, yang menetap di daerah itu sekitar abad ke -5 SM. Selama waktu ini Lycia berada di bawah pengaruh ekonomi dan budaya Yunani yang cukup besar, dan dewa -dewa Lycian menemukan rekan -rekan di jajaran Yunani. Namun, setelah Perang Peloponnesian (431-404 SM), bagaimanapun, Lycia semakin jatuh di bawah goyangan Persia. Pengrajin Yunani, terutama yang berbasis di Athena yang dilanda perang, mencari pekerjaan di Anatolia, dan selama waktu inilah Heroon of Trysa dibangun.


A Heroön didefinisikan sebagai kuil di atas & di sekitar makam penguasa yang dihormati & digunakan untuk pemujaan & pemujaan pahlawan mereka.


Trysa terletak 792 m (2.600 kaki) di atas permukaan laut di punggung panjang pegunungan Taurus yang menghadap ke ngarai demre, di antara kota -kota Lycian di Myra dan Cyaneae (tetangga modern terdekatnya adalah desa Gölbaşi). Selama masa Lycian itu akan menjadi salah satu elemen dalam tambalan negara-kota yang menutupi semenanjung Teke. Nama 'Trysa' tidak muncul dalam literatur kuno dan sebaliknya hanya diketahui dari prasasti, serta koin periode bertuliskan 'tr'.


Selain kuil kecil yang hancur dan beberapa waduk, monumen Trysa semuanya adalah sepulchral. Terdiri dari sarkofagi ogival polos dan dihiasi, serta makam pilar yang hancur, mereka memenuhi punggung bukit sebagian, yang awalnya dikelilingi oleh dinding sirkuit buatan puing-puing di mana hanya bagian utara dan barat yang tersisa. Di samping struktur -struktur ini, harta karun TRYSA adalah pahlawannya.


Rekonstruksi pintu masuk ke Heroon of Trysa

Rekonstruksi pintu masuk ke Heroon of Trysa

Duncan JD Smith (Hak Cipta)


Frieze yang unik


A Heroön didefinisikan sebagai kuil yang dibangun di dunia klasik di atas dan di sekitar makam penguasa yang dihormati dan digunakan untuk pemujaan dan ibadah pahlawan mereka. Trysa Heroon berdiri di ujung timur laut situs, di mana itu terdiri dari makam bertingkat dari seorang penguasa yang tidak disebutkan namanya dan keluarganya yang terletak di tengah-tengah kawasan suci sekitar 21 m (70 kaki) persegi. Dinding kantor polisi, yang berdiri c. Tinggi 3 m (9-10 kaki), ditutupi di wajah dalamnya di keempat sisi, serta wajah luar dari sisi pintu masuk, dengan dekorasi batu kapur polikrom yang semula dalam dua pita horizontal, satu di atas yang lain. Kultus penguburan dirayakan dalam struktur kayu yang berdekatan.


Relief inilah yang membuat Heroon of Trysa begitu istimewa. Mungkin diukir sekitar 380 SM oleh émigré pengrajin Yunani, mereka secara unik menjalin heroik mitologis Lycian dengan episode Yunani yang serupa, yang digunakan untuk menekankan status heroik dari penguasa yang terkubur. Ini termasuk adegan dari Iliad dan Pengembaraaneksploitasi Theseus, bertema Oedipus Tujuh melawan Thebesserta pertempuran orang -orang Yunani dan Amazon, Centaurs dan Lapithae. Khas adalah adegan homer yang mengapit pintu masuk di dinding selatan yang menunjukkan pahlawan Corinthian Bellerophon pada kudanya yang bersayap, Pegasus yang menghadapi chimera yang bernafas dengan api.


Adegan pertempuran dari heroon trysa

Adegan pertempuran dari heroon trysa

Duncan JD Smith (Hak Cipta)


Yang juga patut diperhatikan adalah representasi hebat dari gorden yang mengalir, keintiman perspektif linier dan fillet pembingkaian baru yang digunakan untuk memecah adegan pada setiap batu (ini termasuk pohon, batang dan cabang -cabangnya yang dibagikan oleh dua batu yang berdekatan, dan kemudi kapal -kapal pantai yang mencelupkan ke bawah ke dalam batu di bawah). Semua ini dikerahkan di dinding barat di kancah pertempuran pantai yang meriah diikuti oleh pengepungan kota, yang pada gilirannya memberi jalan kepada Amazonomachy (bentrokan dengan pejuang semua wanita yang legendaris). Sulit untuk tidak menganggap adegan itu terinspirasi oleh pengepungan Troy.


Arkeolog Austria


Sayangnya ketika menggambarkan Heroon of Trysa hari ini seseorang harus menggunakan tense lampau. Kunjungi situs sekarang dan sementara pengaturan tetap dramatis, Heroon sebagian besar hilang. Penemu aslinya, Julius August Schönborn, meninggal pada tahun 1857 M tanpa meninggalkan peta. Ini tidak menghentikan tim arkeolog Austria yang berangkat pada tahun 1881 CE untuk menemukan kembali situs tersebut. Mereka dipimpin oleh Otto Berndorf (1838-1907 CE), Profesor Arkeologi Klasik di Universitas Wina dan Direktur Penggalian pertama di Efesus.


Berndorf berbeda dari Schönborn dalam memiliki sumber daya keuangan dan pengaruh politik untuk mengakuisisi Heroon untuk Austria. Dengan pembiayaan dan izin dari pejabat Ottoman, semua Berndorf diperlukan hanyalah tenaga kerja yang diperlukan untuk membongkar monumen. Awaknya membangun jalan ke situs, membawa alat dan ketentuan yang diperlukan untuk pekerjaan itu. Mereka kemudian mulai membongkar dekorasi, serta gerbang monumental dan bagian -bagian makam. Ini kemudian dimuat ke gerobak dan dibawa ke laut.


Pertempuran pantai, heroon trysa

Pertempuran pantai, heroon trysa

Duncan JD Smith (Hak Cipta)


Mempertimbangkan tugas yang ada, pekerjaan itu berjalan cukup lancar. Itu hanya dirusak oleh gateway yang megah yang menghantam tebing selama transportasi dan menabrak batu di bawah. Meskipun demikian, kargo yang berharga akhirnya dimuat ke kapal dan diangkut ke Trieste. Setelah itu dipindahkan ke darat ke ibukota Austria, Wina, di mana ia tiba pada tahun 1884 M.


Kembalinya heroik


Bagian-bagian komponen dari Heroon of Trysa disimpan di Museum Kunsthistorisches yang akan segera selesai di Ringstrasse yang terkenal di Wina. Konstruksi, bagaimanapun, terlalu maju untuk menggabungkan apa yang akan menjadi pameran besar ketika direkonstruksi. Jadi sebagai gantinya, dan terlepas dari semua upaya untuk mendapatkannya, friezes disimpan jauh dari tatapan publik di ruang bawah tanah museum.


Selama seratus tahun ke depan, trysa frieze terbaring tersembunyi. Hanya pada tahun 1984 M, dan kemudian hanya selama beberapa hari, adalah dekorasi yang dibongkar yang dapat diakses oleh publik selama acara Open Doors. Bahwa sekitar 6.500 pengunjung yang hadir adalah ukuran rasa ingin tahu publik untuk harta klasik yang unik ini. Namun, dengan acara tersebut, depot menutup pintunya di friezes sekali lagi.


Heroon of Trysa - Detail

Heroon of Trysa – Detail

Duncan JD Smith (Hak Cipta)


Setelah itu berbagai ide untuk menampilkan frieze diusulkan, termasuk pembangunan galeri bawah tanah baru di bawah perkiraan museum. Tidak ada yang membuahkan hasil, karena kurangnya dana. Hanya pada akhir 2018 M adalah solusi parsial yang ditemukan ketika beberapa relief ditampilkan di Museum Efesus, yang sejak 1978 CE telah menempati kamar -kamar di Neue Burg Habsburgs di sisi berlawanan dari ringstrasse. Dengan Space Limited dan berat Frieze yang menjadi perhatian, itu hanya rekonstruksi parsial, gerbang utama, misalnya, hanya menjadi representasi artistik saja.


Namun, kesempatan untuk mendekati bagian dari dekorasi setelah bertahun -tahun, bagaimanapun, sepadan dengan kompromi, dan pengalamannya disempurnakan dengan baik oleh model skala heroon seperti yang awalnya muncul. Tiga panel bantuan juga dipajang dalam koleksi barang antik Yunani dan Romawi di Museum Kunsthistorisches. Rencana jangka panjang adalah bahwa pada akhirnya seluruh dekorasi akan ditampilkan di galeri sendiri di lantai dasar.


Artikel ini awalnya diterbitkan di Majalah Travels Timeless. Penulis perjalanan Duncan JD Smith adalah penulis dan penerbit The Only In Guides, serangkaian buku panduan kota yang ditujukan untuk pelancong budaya independen. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang karyanya di www.onlyinguides.com dan www.duncanjdsmith.com.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.