Sains & Teknologi

Vaksin dapat menjaga ikan salmon terhindar dari kutu laut

Bahasa InggrisRIK SLINDE telah menghabiskan 40 tahun mengembangkan vaksin. Bukan untuk manusia, melainkan untuk salmon. “Dulu pada tahun 1980-an, hal itu dianggap sebagai lelucon,” kata Dr. Slinde, mantan direktur penelitian akuakultur di Institut Penelitian Kelautan di Norwegia.

Tidak ada yang tertawa sekarang. Kutu laut—krustasea seukuran butiran beras yang berevolusi menjadi parasit pada ikan salmon dan hidup di dalamnya, menggerogoti kulit, lendir pelindung, dan darah mereka—telah merusak akuakultur salmon di seluruh dunia. Bebannya berat—serangan hama merugikan industri akuakultur Inggris sendiri lebih dari £20 juta ($25,6 juta) setiap tahun—dan, untuk saat ini, belum ada solusi jangka panjang yang baik. Pengembangan vaksin pencegah kutu yang berhasil dapat mengubah hal itu. Beberapa tim berpikir mereka mungkin sudah hampir berhasil.

Kutu laut memiliki banyak jenis, namun semuanya memiliki kesamaan modus operandiDengan memakan salmon hidup-hidup, mereka melemahkan ikan tersebut dan membahayakan sistem kekebalan tubuh mereka, sehingga seluruh populasi peternakan rentan terhadap infeksi baru yang didapat melalui luka terbuka mereka. Karena mereka menikmati air hangat yang penuh dengan ikan, akuakultur dan perubahan iklim telah meningkatkan jumlah mereka.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button