11 tren makanan terbesar tahun 2025
Artikel ini diproduksi oleh Pelancong National Geographic (Inggris).
Jika dalam beberapa tahun terakhir, tren pangan terlalu dipengaruhi oleh krisis biaya hidup dan bayang-bayang panjang pandemi global, maka pada tahun 2025 akhirnya kita bisa kembali bersenang-senang. Baik itu dengan membeli sandwich yang mahal dan empuk untuk makan siang, menyeruput limoncello buatan sendiri, atau makan keripik di restoran kelas atas, ada tanda-tanda bahwa pengunjung mulai melanggar peraturan dan kembali bersenang-senang. Seperti biasa, koki, pengecer, dan tokoh kuliner berpengaruh telah memberikan kehidupan baru pada beberapa makanan favorit lama, sementara media sosial, khususnya Tik Tok, terus memberikan pengaruh yang signifikan terhadap apa yang kita makan, dengan beberapa tren yang dapat ditelusuri langsung dari platform hingga rak supermarket. Jadi, mulai dari koktail super bening hingga minuman keras Korea, inilah gambaran tentang apa yang akan kita makan dan minum lebih banyak dalam 12 bulan mendatang.
Sandwich supercharged
Meskipun sandwich gourmet bukanlah hal baru, sandwich supercharged saat ini mengambil alih waktu makan siang di seluruh Inggris. Salah satu pembukaan London yang paling digemari pada tahun 2024 adalah Sandwich Sandwich, yang menarik antrean besar untuk kreasinya yang rumit. Rogue Sarnies dan Dom's Subs juga mendapatkan pengikut setia karena sandwich tingkat restoran mereka di London, sementara Manchester memiliki Fat Pat's dan Leeds memiliki toko makanan Silver's. Tren ini setidaknya sebagian dipicu oleh media sosial, di mana sandwich OTT tampil sangat baik dan kreasi baru dapat langsung menjadi viral. Pada spektrum yang lebih baru, toko makanan New York Seven Brothers Gourmet membuat heboh musim panas lalu dengan sandwich acarnya, yang rotinya diganti dengan acar irisan raksasa, sementara sandwich cincang telah menjadi makanan pokok TikTok baru-baru ini di AS. . Ke depan, Sandwich Sandwich berencana untuk membuka 'toko sandwich terbesar di Inggris' di Fenchurch Street London pada tahun 2025, sementara panini De Santis yang legendaris dari Milan juga akan tiba di ibu kota.
Koktail yang diklarifikasi
Koktail yang diklarifikasi (minuman campuran bening yang telah dihilangkan kotoran dan padatannya) telah menjadi tren di New York dan London selama beberapa tahun terakhir dan kini telah menyebar ke menu bar secara global. Contoh bagusnya adalah colada hantu, yang disajikan di Alleybar di Singapura, dan perjudian, pendingin bening yang terbuat dari pisco, mezcal, daun seledri, jambu biji, jahe, dan buckthorn laut di The Living Room di Masque di Mumbai. Meskipun beberapa bartender mempertanyakan pentingnya klarifikasi di luar tipu daya visual, tampaknya tren ini akan tetap ada — bahkan ada pasar untuk koktail klarifikasi siap minum, seperti Cocktails Invisible Lychee Martini dari Myatt Field.
Keripik pada menu restoran
Keripik adalah camilan baru yang populer di menu restoran London, dan para koki meningkatkan suguhan sederhana ini ke tingkat gourmet. Salah satu restoran baru terpanas tahun ini, Oma/Agora di London Bridge, menyajikan keripik kentang panas bersama berbagai saus Yunani segar; tepat di seberang Sungai Thames, Toklas menyajikan garam buatan sendiri dan keripik oregano dengan topping kerang escabeche; Bulan Juli di Fitzrovia menyajikan keripik yang ditaburi campuran bumbu kari; sementara restoran Turki baru, Leydi, menawarkan keripik dengan bumbu Baharat, sumac, bawang putih, dan peterseli.
Mie instan yang sudah dirapikan
Berbicara tentang jajanan cepat saji, mie instan kembali menjadi pusat perhatian berkat tren TikTok yang semakin menonjol dengan tambahan yang mewah. Hasilnya, penjualan mi instan dilaporkan meningkat sebesar 50% di situs web grup grosir asal Inggris, Ocado, sementara penelusuran untuk topping seperti minyak cabai, nori, dan bawang renyah juga meningkat. Di media sosial, beberapa resep paling populer termasuk versi bawang putih, mentega, telur, dan kecap sederhana serta ramen carbonara yang dibuat dengan mie Buldak Korea yang sangat pedas.
Bar toko buku
Untuk tahun 2024, bilah pendengaran ditetapkan sebagai tren yang sedang berkembang; tahun ini, giliran bar toko buku — tempat yang beroperasi di antara toko buku, kafe, perpustakaan, dan bar. Sebuah reaksi yang jelas analog terhadap dominasi digital, banyak yang melarang laptop dan wi-fi setelah jam 5 sore, malah menawarkan acara, bacaan, dan minuman happy hour, mulai dari craft beer di Liz's Book Bar di Brooklyn hingga menu spesialis anggur riesling di Golden Sardine di San Francisco. Inggris juga mulai berkembang, dengan Gulp Fiction yang diberi nama bagus di Oxford; BookBar di Finsbury Park; dan The Last Bookstore di Glasgow, yang memiliki piring-piring kecil, menu koktail bertema sastra, dan 8.000 buku.
Tahun ini, giliran bar toko buku — tempat yang beroperasi di antara toko buku, kafe, perpustakaan, dan bar. Foto oleh Book Bar
sool Korea
Penyebaran budaya Korea secara global telah memberi kita banyak film, musik, dan makanan, namun sool (kategori luas minuman beralkohol Korea) sedikit lebih lambat untuk diterima di negara-negara lain. Namun minat terhadap minuman ini semakin meningkat, seiring dengan semakin populernya soju (minuman beralkohol dari nasi sulingan) di Inggris — penjualan soju Jinro melonjak pada tahun 2024 dan sekarang tersedia di Sainsbury's dan Ocado. Pergerakan kerajinan produsen makgeolli (anggur beras) independen juga bermunculan: Kopenhagen memiliki Pabrik Bir Yunguna (sekarang tersedia untuk dikirim ke Inggris); di New York ada Hana Makgeolli; dan di Seattle ada Rainbrew.
Limoncello
Meskipun selalu populer di Italia, limoncello memiliki reputasi yang tidak merata di luar negeri, dengan versi manisnya yang berkualitas rendah membuat para peminumnya enggan meminumnya. Namun berkat gelombang baru produsen kerajinan tangan di seluruh dunia, mulai dari Pabrik Penyulingan Quayside Exeter di Inggris hingga Pabrik Penyulingan Re:Find California di AS, segalanya berubah menjadi lebih baik. Koktail limoncello muncul di menu di mana-mana mulai dari hotel The Dorchester di London, yang menawarkan martini lemon drop, hingga grup restoran Italia Big Mamma di seluruh Eropa dan grup pub Inggris Wetherspoon's, yang memiliki minuman limoncello baru. Jaringan supermarket Inggris, Waitrose, yang selalu mengikuti tren kuliner, juga menggunakan limoncello secara bebas dalam rangkaian produk Natalnya, memperkenalkan limoncello fizz panettone dan stilton putih yang dicampur dengan limoncello.
Gelombang baru pembuat bir telah membantu menghidupkan kembali limoncello di seluruh dunia. Foto oleh Re: Pabrik Penyulingan Fined
Anjing haute
Makanan pokok yang selalu hijau di AS, hot dog sempat menjadi tren di Inggris pada tahun 2012, ketika bar hot dog dan sampanye Bubbledogs dibuka (ditutup pada tahun 2020). Namun sekarang ada tanda-tanda bahwa popularitas mereka kembali meningkat, dengan pembukaan seperti Hot Dogs karya Jason Atherton oleh Three Darlings di Harrods, menyajikan anjing gourmet seperti The Texican, dengan taburan guacamole, chipotle, dan keripik tortilla di atasnya. Pilihan London lainnya termasuk Engel, yang menawarkan troli hot dog sosis Jerman dengan topping seperti truffle mayo, gruyere, selai ara dan bawang renyah, dan bar anggur baru Quill, yang menunya menyajikan hot dog yang disiram keju dan fondue mustard. Sementara itu, pada tahun 2025, Rake akan mengambil alih residensi di The Compton Arms di Islington, menyajikan hot dog sosis Cumberland dengan saus saus Perancis.
Rumput laut spesialis
Dalam laporan tren makanan dan minuman tahun 2025, Whole Foods Market menyoroti varietas rumput laut seperti lumut laut dan rumput bebek sebagai bahan yang semakin populer, yang disebut-sebut memiliki manfaat kesehatan dan keberlanjutan. Di AS, produk rumput laut baru yang dijual di pasaran antara lain jus mangga lumut laut, salsa rumput laut, dan permen karet lumut laut. Minat juga meningkat di Inggris, dengan peternakan rumput laut Welsh yang berkelanjutan, Câr-Y-Môr, kini menawarkan campuran saus tomat, pesto, dan rempah-rempah rumput laut. Para koki juga menggunakan rumput laut, dengan Tomos Parry menggunakan rumput laut Câr-Y-Môr dalam telur dadar kepitingnya yang terkenal di Mountain, dan Aulis karya Simon Rogan yang menyajikan puding rumput laut dengan tendon, girolle Skotlandia, dan kaldu sapi panggang.
Masa
Para koki di seluruh AS menemukan kembali masa, adonan jagung nixtamalized yang merupakan inti dari masakan Meksiko. Biji dari lusinan varietas jagung pusaka yang ditanam di Meksiko direndam dalam larutan alkali semalaman lalu digiling, dan adonan yang dihasilkan digunakan untuk membuat tortilla yang lezat dan bergizi. Pergerakan masa baru ini dipimpin oleh orang-orang seperti Komal di LA, yang menawarkan masa segar atau tortilla dalam jumlah berat serta taco dari taqueria yang bersebelahan. Di Vegas, koki semi-finalis James Beard Award DJ Flores membuat tortilla masa jagung biru di restorannya Milpa; di Brooklyn, Matt Diaz mengubah masa segar menjadi quesadillas yang diisi dengan bunga labu segar di For All Things Good; dan di Tatemó di Houston, pancake masa yang empuk muncul di menu makan siang. Nantikan juga masa di Inggris pada tahun 2025, saat pedagang grosir MexTrade meluncurkan tortilla masa nixtamalized barunya ke restoran dan ritel.
pistachio
Sudah lama menjadi bahan favorit para pembuat coklat, pistachio bermunculan di semua jenis produk, mulai dari pesto hingga mentega. Waitrose mengalami peningkatan penelusuran kacang sebesar 19%, dan penawaran barunya mencakup croissant isi pistachio dan tiramisu pistachio. Sementara itu, Aldi mengikuti tren Natal dengan pistachio panettone. Berbagai kafe, termasuk Starbucks, menawarkan pistachio latte. Lebih jauh lagi, Caffe Paradiso di Boston mencampurkan pistachio martini dan, di Dubai, coklat batangan pistachio Fix Dessert Chocolatier's Can't Get Kanefeh It menjadi sensasi TikTok yang viral pada tahun 2024.