Penjualan PC jatuh dari tebing
Penjualan PC pada kuartal ketiga tahun ini turun hampir 20% dibandingkan tahun lalu, penurunan terbesar dalam beberapa dekade dan penurunan kuartal keempat berturut-turut dari tahun ke tahun, menurut penelitian awal oleh dua perusahaan analis.
Lonjakan penjualan PC yang disebabkan oleh pandemi dan peningkatan luar biasa dalam pekerjaan hybrid dan jarak jauh telah berakhir dan tidak lagi menambah penjualan komputer. Pembelian PC kembali ke sekolah juga menunjukkan “hasil yang mengecewakan, meskipun ada promosi besar-besaran dan penurunan harga, karena kurangnya kebutuhan karena banyak konsumen telah membeli PC baru dalam dua tahun terakhir,” menurut Mikako Kitagawa, direktur analis di Gartner .
Di sisi bisnis, pergolakan geopolitik, seperti perang di Ukraina, dan ketidakpastian ekonomi “menyebabkan pengeluaran TI yang lebih selektif, dan PC tidak berada di urutan teratas daftar prioritas,” tambah Kitagawa.
Secara world, penjualan PC turun 19,5% pada kuartal ketiga 2022 — penurunan terbesar sejak Gartner mulai melacak penjualan pada pertengahan 1990-an. Perusahaan riset IDC mematok penurunan tahun-ke-tahun sebesar 15%, dan menggemakan pendapat Gartner tentang masalah yang mempengaruhi penjualan, menurut Worldwide Tracker perusahaan.
“Selama puncak pandemi, banyak konsumen, sekolah, dan bisnis mencari PC baru dan lonjakan itu sebagian besar telah terpenuhi,” kata Jitesh Ubrani, manajer riset untuk Mobility and Shopper System Trackers IDC.
Pasar PC AS turun 17,3% pada kuartal ketiga 2022, penurunan pengiriman kuartal kelima berturut-turut dari tahun ke tahun. Penjualan laptop computer yang lambat mendorong pasar AS secara keseluruhan turun, sementara penjualan desktop menunjukkan pertumbuhan moderat — didorong oleh permintaan yang terpendam di antara bisnis serta sektor publik, menurut Gartner.
“Inflasi adalah kekhawatiran terbesar di AS. pasar, tetapi usaha kecil menunjukkan optimisme relatif tentang kondisi makroekonomi, ”kata Kitagawa. “Sementara permintaan laptop computer di antara perusahaan besar menurun tajam pada kuartal ketiga 2022, usaha kecil dan menengah tidak menunjukkan penurunan yang tajam.”
Wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA) sangat terpukul oleh penurunan penjualan, turun 26,4% tahun-ke-tahun pada kuartal ketiga menjadi 17 juta unit – penurunan paling tajam di antara semua wilayah, menurut Gartner. Itu adalah kuartal negatif ketiga untuk pasar PC EMEA setelah booming pada awal pandemi.
Secara world, pengiriman PC mencapai 74,3 juta, menurut IDC. (Gartner mematok penjualan world PC sebesar 67,9 juta.)
Tiga vendor teratas di pasar PC di seluruh dunia tetap tidak berubah pada kuartal tersebut, dengan Lenovo memegang posisi No. 1 dalam pengiriman dengan pangsa pasar 25,2%, menurut Gartner. HP mengikuti dengan 18,7%, dan Dell berada di urutan ketiga dengan 17,7% dari penjualan. Apple, Asus dan Acer mengikuti dengan 8,5%, 8,2% dan 6,6% dari penjualan PC, menurut Gartner.
Untuk Apple, gambarnya tampak sedikit lebih cerah. “Permintaan konsumen tetap tidak terdengar, meskipun aktivitas promosi dari Apple dan pemain lain telah membantu mengurangi penurunan dan mengurangi inventaris saluran selama beberapa minggu secara keseluruhan,” kata Jitesh Ubrani, manajer riset untuk pelacak perangkat seluler di seluruh dunia di IDC. . “Pasokan juga bereaksi terhadap posisi terendah baru dengan mengurangi pesanan – dengan Apple menjadi satu-satunya pengecualian, karena pasokan kuartal ketiga mereka meningkat untuk menebus pesanan yang hilang akibat penguncian di China selama kuartal kedua.”
Home windows 11, yang baru-baru ini menerima pembaruan tahunan pertamanya sejak diluncurkan pada Oktober 2021, juga tidak memiliki dampak nyata pada penjualan PC baru, menurut perusahaan riset. Selama dua tahun terakhir, pasokan pasar terbatas, sehingga orang membeli PC apa pun OSnya, kata IDC.
“Pembeli itu sekarang dapat dengan mudah meningkatkan ke 11 jika mereka belum melakukannya,” kata Ubrani.
Adopsi Home windows 11 tampaknya terhenti awal tahun ini. OS mencapai “penggunaan keseluruhan” 19,4% pada bulan Maret, meningkat lebih dari 10% sejak awal Desember 2021, menurut AdDuple. Pada bulan Agustus, adopsi Home windows 11 telah mencapai 23,1% perangkat.
“Kurang dari 3,5% PC Home windows trendy ditingkatkan ke Home windows 11 dalam dua bulan terakhir. Kira-kira jumlah yang sama ditambahkan ke versi terbaru Home windows 10, ”kata AdDuplex di situsnya.
Selain quantity pengiriman, IDC mengatakan sedang mengawasi harga jual. Kekurangan selama beberapa tahun terakhir telah mendorong pengiriman produk menuju skala premium, menurut Linn Huang, wakil presiden penelitian untuk praktik Perangkat & Tampilan IDC.
“Ini, ditambah dengan kenaikan biaya komponen dan logistik, mendorong ASP [average selling prices] naik lima kuartal berturut-turut menjadi $910 di 1Q22, tertinggi sejak 2004,” kata Huang. “Namun, dengan permintaan yang melambat, promosi yang berjalan lancar, dan pesanan yang dipotong, kenaikan ASP berbalik di 2Q22. Seperempat penurunan ASP lainnya menunjukkan pasar mundur.”
Lenovo memperoleh pangsa pasar dibandingkan tahun lalu, meskipun pengiriman menurun dari tahun ke tahun, Gartner mencatat. Sementara pengiriman perusahaan secara keseluruhan turun di semua wilayah kecuali Kanada, pasar desktop EMEA mengalami pertumbuhan, didorong oleh produksi yang dimulai di fasilitas manufaktur inner pertama Lenovo di Eropa. Fasilitas itu dibuka di Hongaria pada bulan Juni.
HP mengalami kuartal yang menantang, dengan penurunan tajam dalam pengiriman world secara keseluruhan. Meskipun mencatat pertumbuhan di beberapa wilayah di pasar desktop, pengiriman laptop computer secara keseluruhan mengalami penurunan.
Dell mempersempit perbedaan pangsa pasarnya dari HP, mencatat pertumbuhan tahun-ke-tahun di pasar desktop di semua wilayah kecuali di Asia Pasifik. Namun, pengiriman laptop computer Dell menurun di tempat lain, kecuali Jepang.
Hak Cipta © 2022 IDG Communications, Inc.