Geografi & Perjalanan

Musim Kebakaran Hutan Kanada 2023: Bencana Lingkungan yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Foto Kebakaran Hutan

Musim kebakaran hutan tahun 2023 di Kanada, yang paling merusak yang pernah tercatat, melepaskan sejumlah besar arsenik, terutama dari daerah-daerah yang terkena dampak pertambangan di sekitar Yellowknife, sehingga menimbulkan peningkatan risiko lingkungan dan kesehatan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa lokasi penambangan yang terkontaminasi meningkatkan risiko yang terkait dengan kebakaran.

Musim kebakaran hutan tahun 2023 di Kanada merupakan musim paling merusak yang pernah tercatat, dan sebuah studi baru menunjukkan dampaknya belum pernah terjadi sebelumnya. Penelitian tersebut menemukan bahwa empat kebakaran hutan di space yang terdampak tambang di sekitar Yellowknife, Northwest Territories, berpotensi menyumbang hingga setengah dari emisi arsenik tahunan world akibat kebakaran hutan.

Penelitian yang dipimpin oleh para peneliti di College of Waterloo dan Nipissing College ini merupakan yang pertama menghitung jumlah arsenik yang disimpan di space berisiko tinggi kebakaran hutan di sekitar Yellowknife. Dengan melihat information dari lima dekade terakhir, tim tersebut memperkirakan kebakaran hutan tahun 2023 berpotensi melepaskan antara 69 dan 183 ton arsenik.

Arsenik, racun kuat yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia dikaitkan dengan diabetes, penyakit kardiovaskularberbagai jenis kanker, dan kematian bayi, dapat diubah oleh kebakaran hutan dan dilepaskan ke lingkungan dari tanah yang biasanya menyerapnya.

Meningkatnya Risiko Kebakaran Hutan

Mengingat frekuensi dan tingkat keparahan kebakaran hutan diperkirakan akan meningkat karena perubahan iklim, para peneliti memperingatkan bahwa di wilayah mana pun di dunia di mana kebakaran hutan tahunan bersinggungan dengan operasi pertambangan dan peleburan di masa lalu atau saat ini, kebakaran di masa mendatang dapat menimbulkan risiko besar dalam melepaskan kembali racun yang tersimpan ke lingkungan.

“Yellowknife memiliki sejarah pertambangan selama puluhan tahun, yang telah menyebabkan akumulasi arsenik di lanskap sekitarnya. Namun, Yellowknife bukanlah satu-satunya dalam hal ini, Kanada memiliki banyak lokasi yang terkontaminasi secara industri yang rentan terhadap kebakaran hutan,” kata Dr. Owen Sutton, seorang peneliti pascadoktoral di Fakultas Lingkungan di Waterloo.

Jumlah arsenik yang dilepaskan oleh kebakaran hutan bergantung pada banyak faktor, seperti suhu api, kedalaman kebakaran, dan jenis tanah, serta kombinasi variabel-variabel ini.

“Meskipun penelitian kami telah meningkatkan kewaspadaan terhadap masalah ini, kami akan menjadi yang pertama yang menyatakan bahwa ada kebutuhan mendesak untuk penyelidikan kolaboratif oleh ilmuwan kebakaran hutan, ahli kimia, ilmuwan lingkungan, dan pakar kebijakan,” kata Dr. Colin McCarter, profesor di Departemen Geografi di Universitas Nipissing dan Ketua Riset Kanada untuk Perubahan Iklim dan Lingkungan. “Dengan mengintegrasikan berbagai teknik manajemen kebakaran, termasuk pengelolaan kebakaran oleh masyarakat adat, kami berharap dapat mengurangi risiko yang muncul terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.”

Para peneliti menemukan bahwa emisi arsenik dari lahan basah merupakan hal yang paling mengkhawatirkan karena kecenderungannya menyimpan kontaminan dibandingkan dengan hutan. Ke depannya, mereka akan terus mengukur jumlah racun yang disimpan oleh lahan gambut utara dan mempelajari potensi pelepasan logam lain dari lanskap tersebut.

Referensi: “Pelepasan arsenik yang signifikan secara world akibat kebakaran hutan di lanskap boreal yang terkena dampak pertambangan” oleh OF Sutton, CPR McCarter dan JM Waddington, 20 Mei 2024, Surat Penelitian Lingkungan.
Nomor Induk Kependudukan: 10.1088/1748-9326/ad461a

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.