Sains & Teknologi

NASA Mendaur Ulang Pesawat Bekas Menjadi Simulator X-66 Generasi Berikutnya

Pesawat Boeing X-66 NASA

Konsep artistik pesawat X-66 yang akan diproduksi Boeing melalui proyek Sustainable Flight Demonstrator milik NASA. Kredit: NASA

X-66, bagian penting dari NASAProyek Demonstrasi Penerbangan Berkelanjutan milik , menampilkan simulator yang dibuat dari kokpit MD-90 yang telah digunakan kembali.

Prakarsa ini, yang diselenggarakan di Armstrong Flight Analysis Middle milik NASA, tidak hanya menggarisbawahi komitmen terhadap keberlanjutan dengan memanfaatkan rangka pesawat yang ada, tetapi juga memastikan keselamatan dan kemanjuran kemajuan penerbangan melalui simulasi dengan ketelitian tinggi. Proyek ini bekerja sama dengan Boeing, akademisi, dan lembaga lain untuk memelopori teknologi rangka pesawat berkelanjutan yang akan membentuk masa depan penerbangan komersial, yang mewujudkan perpaduan komponen historis dan rekayasa futuristik.

Kokpit Pesawat MD-90

Kokpit pesawat MD-90 lama tiba di Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong milik NASA di Edwards, California, pada bulan Maret 2024. Komponennya akan digunakan untuk membangun simulator X-66 milik NASA, pesawat demonstrasi untuk proyek Sustainable Flight Demonstrator. Kredit: NASA/Steve Freeman

Pesawat X-66 NASA, yang menjadi pusat proyek Demonstrasi Penerbangan Berkelanjutan, mengusung istilah “berkelanjutan” dengan menggunakan kembali kokpit MD-90 lama sebagai foundation simulator X-66 barunya.

Ketika pesawat sudah tidak dipakai lagi, mereka sering berakhir di “boneyard” — tempat penyimpanan di mana mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk diambil suku cadangnya oleh produsen, peneliti, teknisi, dan desainer. Di sanalah tim X-66 menemukan kokpit simulator X-66 baru mereka, sebelum mengirimkannya ke Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong milik NASA di Edwards, California.

Proyek ini akan membuat katalog, membersihkan, dan membongkar kokpit MD-90 untuk digunakan sebagai simulator. Di sinilah Cabang Teknik Simulasi di NASA Armstrong berperan. Tim ini mengembangkan simulator teknik dengan ketelitian tinggi yang memungkinkan pilot dan teknisi menjalankan skenario kehidupan nyata di lingkungan yang aman.

Seperti halnya pesawat X lainnya, simulator memungkinkan peneliti menguji hal-hal yang tidak diketahui tanpa membahayakan keselamatan pilot atau integritas struktural pesawat. Simulator juga memberi tim kemampuan untuk mengatasi tantangan desain selama pembuatan pesawat, memastikan bahwa produk akhir seefisien mungkin.

Kokpit Pesawat MD-90 di Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA

Kokpit pesawat MD-90 lama tiba di Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA di Edwards, California, pada bulan Maret 2024. Bagian-bagiannya akan digunakan untuk membangun simulator untuk X-66 NASA, pesawat demonstrasi untuk proyek Demonstrator Penerbangan Berkelanjutan.
Kredit: NASA/Steve Freeman

Untuk merakit X-66, tim proyek akan menggunakan rangka pesawat dari MD-90 lain, memperpendeknya, memasang mesin baru, dan mengganti rakitan sayap dengan desain sayap yang didukung rangka.

Proyek Sustainable Flight Demonstrator merupakan upaya NASA untuk mengembangkan rangka pesawat yang lebih efisien seiring dengan upaya negara tersebut menuju penerbangan berkelanjutan. Selain desain sayap revolusioner X-66, tim proyek akan bekerja sama dengan industri, akademisi, dan organisasi pemerintah lainnya untuk mengidentifikasi, memilih, dan mematangkan teknologi rangka pesawat yang berkelanjutan.

Proyek ini bertujuan untuk menginformasikan generasi berikutnya dari pesawat berlorong tunggal, andalan armada penerbangan komersial di seluruh dunia. Boeing dan NASA bermitra untuk mengembangkan pesawat peraga eksperimental.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.