Menggunakan pengenal unik untuk pengguna Anda adalah cara terbaik untuk menyegmentasikan dan membuat pemirsa untuk pemasaran ulang di situs internet atau aplikasi Anda.
Penggunaan person ID akan sangat berguna bagi keduanya dalam mengukur aktivitas lintas platformterutama menghubungkan dengan BigQuery dan standing persetujuan pengguna Anda.
Dalam posting ini, Anda akan belajar cara membuat dan mengirim ID pengguna Anda ke Google Analitik 4, untuk membuat laporan perilaku pengguna.
Pertama, Anda harus membuat ID pengguna yang unik, untuk setiap pengunjung.
Anda dapat melakukannya langsung dari Google Pengelola Tag.
Ada beberapa cara bagi Anda untuk menetapkan ID pengguna unik kepada pengguna yang mengunjungi situs internet Anda. Anda dapat melakukan ini secara langsung dengan backend dan database Anda, atau menghasilkan fundamental identitas pengguna menggunakan Google Pengelola Tag.
Tentu saja, ID Klien Google Analyticss, alias ‘_asam’juga dapat digunakan sebagai ID pengguna, tetapi akan lebih baik untuk menggabungkannya dengan ID pelanggan Anda di CRM sehingga pada titik tertentu Anda dapat menggabungkan variabel ini dengan information pemasaran ulang Anda sendiri.
Misalnya, di situs internet yang menggunakan database mongo DB, Anda dapat melihat bagaimana ID pengguna disimpan dengan cara ini. Dan dengan struktur information ini, Anda dapat menyinkronkan ID pengguna dengan information CRM Anda.
Dan Anda cukup menekan ke lapisan information ID ini seperti itu:
dataLayer.push({
'user_id': 'USER_ID',
'crm_id': 'USER_ID'
});
Nevertheless, chances are you’ll not at all times change to play along with your web site’s database.
So, let’s proceed to create the essential person ID on Google Tag Supervisor and ship it to Google Analytics 4.
Producing Person ID
Create a brand new customized HTML tag and exchange with this JavaScript.
operate getUserID() {
var userID = localStorage.getItem('userId');
if (userID) {
return userID;
} else {
var newUserID = Math.ground(Math.random() * 100) + Date.now();
localStorage.setItem('userId', newUserID);
return newUserID;
}
}
Skrip ini akan membuat ID pengguna acak dan menyimpannya ke browser langsung penyimpanan lokal.
Anda dapat menemukan element lebih lanjut tentang window.localStorage di sini.
Perhatikan bahwa, jika Anda memiliki ID pengguna dari database (backend), Anda dapat menggunakannya secara langsung. Metode ini adalah contoh bagaimana Anda dapat mengirim ID pengguna Anda ke Google Analytics 4. Jika Anda membuat dan menyimpan ID pengguna Anda di penyimpanan lokal, pengguna dapat menghapus atau memodifikasinya.
Juga, Anda dapat menggunakan variabel bawaan yang disebut Angka acak di Google Pengelola Tag. Tetapi Anda mungkin ingin menambahkan beberapa variabel yang menghasilkan ID pengguna seperti tanggal atau karakter tertentu.
Kemudian, Anda harus mendorong getUserID variabel ke dataLayer.
window.dataLayer = window.dataLayer || [];
dataLayer.push({
'user_id': getUserID()
});
Tambahkan pemicu Semua halaman dan simpan. Tag terakhir Anda harus seperti itu.
Buat Variabel untuk ID Pengguna
Buat variabel baru bernama identitas penggunadan merujuk ke identitas pengguna variabel dari lapisan information.
Tambahkan Properti Pengguna ke Konfigurasi GA4
Untuk mengirim variabel ID Pengguna ke Google Analytics 4Anda harus menambahkan ini {{Identitas pengguna}} variabel ke Properti Pengguna.
Perhatikan bahwa, jika Anda menambahkan bidang secara langsung, Anda tidak dapat menetapkan definisi khusus di UI Google Analytics 4.
Simpan tag ini dan klik Pratinjau untuk menguji skrip kami. Anda akan melihat Person ID di Window Loaded.
Tambahkan Definisi Kustom di UI Google Analytics 4
Mari buat definisi khusus untuk variabel ID Pengguna tersebut.
Buka akun GA4 Anda, dan klik Konfigurasikan > Definisi khusus di bilah sisi kiri.
Klik untuk Buat dimensi khusus dan tambahkan definisi ID pengguna.
Ruang lingkup harus Penggunadan properti pengguna harus identitas penggunayang dikonfigurasi sebelumnya di GTM.
Simpan dan pergi ke Tampilan Debug untuk pengujian.
Kunjungi situs internet Anda dan periksa definisi ID Pengguna Anda secara real-time.
Selamat, sekarang Anda dapat menggunakan definisi Cakupan pengguna khusus ini pada laporan dan analisis Anda.