Apa itu UX (dan mengapa repot-repot)? • search engine optimisation untuk pemula • Yoast
Anda mungkin pernah mendengar kami mengatakannya sebelumnya: UX situs Anda sangat penting untuk search engine optimisation. Tapi apa itu UX? Dan mengapa itu penting untuk search engine optimisation? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu dan mengapa Anda tidak boleh mengabaikannya jika Anda ingin peringkat tinggi di Google. Selain itu, kami akan memberi Anda beberapa petunjuk singkat tentang apa yang harus dilakukan untuk membuat pengguna situs Anda puas.
Sebelum kita masuk, jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman pengguna (UX) dan keterampilan search engine optimisation penting lainnya, Anda harus melihat pelatihan search engine optimisation All-around kami! Itu tidak hanya memberi tahu Anda tentang search engine optimisation: itu memastikan Anda tahu bagaimana mempraktikkan keterampilan ini!
Apa itu UX?
UX adalah singkatan dari Person eXperience. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, ini semua tentang bagaimana pengalaman pengguna terhadap suatu produk. Ini bisa berupa situs internet, tetapi tidak harus demikian. Ini bisa berupa aplikasi, ponsel, atau produk fisik lainnya yang dapat Anda gunakan, bahkan karton susu. Ini semua tentang bagaimana perasaan seseorang saat menggunakan produk tertentu. Apakah produk tersebut membuat Anda merasa bersemangat atau bahagia, apakah menyenangkan menggunakannya, apakah itu membantu Anda dengan mudah mencapai apa yang Anda tuju? Atau apakah itu membuat Anda merasa marah dan frustrasi karena tidak berhasil atau terlihat seperti yang Anda harapkan?
UX atau kegunaan?
UX dan kegunaan terkadang digunakan secara bergantian. Keduanya digunakan untuk menggambarkan kemudahan pengunjung menggunakan situs Anda. Namun, UX sering dianggap lebih luas daripada kegunaan. Jika sebuah situs internet sangat berguna – atau ramah pengguna – pengunjung akan dapat menemukan atau melakukan apa yang ingin mereka lakukan dengan mudah. Pengalaman pengguna yang hebat melibatkan lebih banyak, misalnya, estetika. Sebuah situs internet dapat langsung digunakan, tetapi pada saat yang sama membosankan. Ini berarti kegunaannya sangat baik, tetapi pengalaman pengguna dapat ditingkatkan.
Misalnya, ilustrasi posting weblog kita tidak diperlukan untuk meningkatkan kegunaan. Namun, mereka berkontribusi pada pengalaman yang dimiliki pengguna di situs kami. Kami menikmati gambar yang dibuat oleh ilustrator kami, dan kami harap mereka juga membuat Anda berpikir atau tersenyum. Gambar-gambar ini berkontribusi pada UX situs kami. Tanpa mereka, Anda akan mengalami situs kami secara berbeda. Dengan cara ini, UX dapat menjadi bagian dari strategi branding, bahkan lebih dari kegunaan.
Mengapa penting untuk meningkatkan UX untuk search engine optimisation?
Jadi mengapa meningkatkan kegunaan dan UX situs Anda menjadi bagian dari strategi search engine optimisation Anda? Google, atau mesin telusur lainnya, ingin memberikan hasil terbaik untuk kueri mereka kepada orang-orang. Hasil terbaik tidak hanya berarti jawaban terbaik, tetapi juga berarti pengalaman terbaik. Misalnya, jika Anda mencari jawaban untuk “Apa itu penelitian kata kunci?” Google ingin memberi Anda jawaban terbaik dengan cara yang cepat, menyenangkan, dan aman. Jadi, bahkan ketika Anda telah menulis jawaban yang sangat baik dalam sebuah postingan, jika situs Anda lambat, berantakan, atau tidak aman, Google tidak akan menganggap postingan Anda sebagai jawaban terbaik.
Bagaimana Google tahu?
Google menggunakan metode yang berbeda untuk membuat tebakan terpelajar tentang bagaimana pengalaman pengguna di situs Anda. Mereka melihat elemen seperti kecepatan situs – hampir tidak ada yang lebih mengganggu daripada halaman yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat -, keramahan seluler, cara Anda menyusun konten, dan tautan inside dan eksternal halaman Anda. Banyak tautan berkualitas tinggi ke halaman internet Anda mungkin menunjukkan bahwa orang-orang memiliki pengalaman yang menyenangkan dengannya, bukan?
Selain itu, Google menggunakan sinyal pengguna untuk mengetahui bagaimana pengalaman pengunjung situs internet Anda. Sinyal pengguna adalah pola perilaku yang dilihat Google di situs Anda. Jika banyak orang meninggalkan situs internet Anda dengan sangat cepat, mereka mungkin tidak menemukan apa yang mereka cari. Tentu saja, ada beberapa pengecualian untuk ini — baca postingan kami tentang rasio pentalan untuk mengetahui yang mana. Beberapa sinyal pengguna lainnya adalah waktu yang dihabiskan di halaman dan seberapa sering orang kembali ke situs internet Anda. Jika ini tinggi, pengunjung kemungkinan besar akan menikmati situs Anda atau menganggapnya berguna. Anda dapat memeriksa jenis statistik ini untuk situs Anda dengan Google Analytics dan alat analisis situs internet lainnya.
Bukan kebetulan bahwa faktor-faktor yang disebutkan di atas penting baik untuk UX maupun search engine optimisation. Google mencoba memahami bagaimana manusia mengalami situs internet. Itulah mengapa pengalaman positif di situs Anda dapat berkontribusi pada peringkat Anda. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang ini, Anda harus membaca posting kami di hubungan antara search engine optimisation dan UX.
search engine optimisation holistik
Jadi haruskah Anda mengerjakan kegunaan dan UX hanya untuk mesin pencari? Anda mungkin dapat menebak jawaban kami untuk itu… Di Yoast, kami menganjurkan untuk melihat situs internet Anda secara holistik. Ini berarti Anda berusaha membuat situs internet Anda unggul dalam banyak hal: konten hebat, mudah digunakan – juga di seluler – dan aman. Anda membuat perubahan ini untuk pengunjung Anda. Pada akhirnya, penggunalah yang akan membeli produk Anda, datang ke acara Anda, atau berlangganan buletin Anda.
Mulai dari mana?
Seperti biasa, mulailah dengan memikirkan tujuan situs internet Anda dan halaman tertentu. Apa yang Anda ingin pengunjung lakukan di situs Anda? Beli barang? Baca artikel Anda? Menyumbangkan uang untuk amal Anda? Tujuan situs internet Anda atau halaman tertentu di situs Anda harus menjadi pertimbangan utama Anda saat melakukan perbaikan. Desain dan konten Anda harus mendukung tujuan ini. Memiliki tujuan yang jelas juga akan membantu Anda memprioritaskan peningkatan untuk situs Anda.
Baca selengkapnya: Cara menyelidiki tugas teratas pengunjung Anda »
Jika Anda ingin meningkatkan UX di situs Anda, cobalah juga melihatnya dari sudut pandang pengguna. Tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan – dan jujurlah:
Kebanyakan orang mengembangkan titik buta jika mereka banyak bekerja di situs mereka. Oleh karena itu, Anda harus mengambil kesempatan untuk meminta orang mengevaluasi situs Anda, kapan pun Anda bisa! Cobalah untuk mendapatkan orang-orang dari grup goal Anda untuk menguji situs Anda dan tanyakan kepada mereka apakah itu berfungsi seperti yang mereka harapkan. Anda juga dapat meneliti audiens Anda dengan menggunakan kuesioner di situs Anda, atau, jika Anda tidak ingin terlalu mengganggu mereka, gunakan pertanyaan niat keluar dan tanyakan mengapa mereka meninggalkan situs Anda. Pilihan lainnya adalah melakukan beberapa pengujian A/B untuk mengetahui desain halaman Anda yang memberikan hasil terbaik. Dalam panduan pemula untuk riset pengguna ini, Anda akan menemukan banyak ide!
Jadi, tidak ada alasan lagi. Mulailah bekerja di UX situs Anda, dan Anda juga dapat meningkatkan peringkat Anda!
Teruskan membaca: Cara melakukan audit search engine optimisation. Bagian 1: search engine optimisation & UX Konten »