Sains & Teknologi

Penemuan Menakjubkan: Kolektor Fosil Menemukan Dinosaurus Terlengkap di Inggris Sejak 1923

Comptonatus mengejar

Gambaran artistik dari dinosaurus baru, Comptonatus mengejarKredit: John Sibbick

Dinosaurus baru jenisBahasa Indonesia: Comptonatus mengejarditemukan di Pulau Wight, merupakan kemajuan besar dalam pemahaman Zaman KapurKeanekaragaman dinosaurus era-M di Inggris, dengan penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan kemungkinan adanya temuan yang lebih signifikan.

Sebuah makalah baru menjelaskan dinosaurus terlengkap yang ditemukan di negara ini dalam satu abad terakhir. Spesimen tersebut, yang berusia sekitar 125 juta tahun dan memiliki tulang pinggul seukuran piring makan, ditemukan pada tahun 2013 di tebing Compton Bay di Isle of Wight. Penemuan tersebut dilakukan oleh kolektor fosil Nick Chase sebelum ia meninggal secara tragis karena kanker.

Jeremy Lockwood, seorang dokter umum pensiunan dan Universitas Portsmouth Mahasiswa PhD, membantu penggalian dinosaurus dan telah menghabiskan waktu bertahun-tahun menganalisis 149 tulang berbeda yang membentuk kerangka tersebut. Jeremy menentukan bahwa kerangka tersebut mewakili genus dan spesies baru, yang ia beri nama Comptonatus mengejar sebagai penghormatan kepada Nick.

Jeremy berkata: “Nick punya insting yang fenomenal untuk menemukan tulang dinosaurus — dia benar-benar Mary Anning zaman fashionable. Dia mengumpulkan fosil setiap hari dalam segala cuaca dan menyumbangkannya ke museum. Saya berharap kami bisa menghabiskan masa tua kami dengan mengumpulkan bersama karena kami seusia, tetapi sayangnya itu tidak terjadi. Meskipun dia telah menemukan banyak hal menakjubkan selama bertahun-tahun, termasuk yang paling lengkap Iguanodon tengkorak yang pernah ditemukan di Inggris, ini adalah dinosaurus pertama yang diberi nama menurut namanya.”

Wawasan dan Teori Ilmiah

Ketika pertama kali ditemukan, spesimen tersebut diduga sebagai dinosaurus yang dikenal bernama Burung hantutetapi penelitian Jeremy mengungkap lebih banyak keanekaragaman dinosaurus. Memang, ini adalah genus baru kedua yang dideskripsikan oleh Jeremy.

Ia berkata: “Saya dapat menunjukkan bahwa dinosaurus ini berbeda karena beberapa fitur unik pada tengkorak, gigi, dan bagian tubuh lainnya. Misalnya, rahang bawahnya memiliki tepi bawah yang lurus, sedangkan sebagian besar iguanodontia memiliki rahang yang melengkung ke bawah. Ia juga memiliki tulang pinggul pubis yang sangat besar, yang jauh lebih besar daripada dinosaurus sejenis lainnya. Ia seperti piring makan!”

Jeremy Lockwood

Jeremy Lockwood di lokasi penggalian, Compton Bay, Isle of Wight. Kredit: College of Portsmouth

Jeremy tidak tahu mengapa tulang kemaluan panggul, yang terletak di pangkal perut, begitu besar: “Mungkin itu untuk perlekatan otot, yang mungkin berarti cara pergerakannya sedikit berbeda, atau mungkin untuk menopang isi perut dengan lebih efektif, atau bahkan terlibat dalam cara hewan bernapas, tetapi semua teori ini agak spekulatif.”

Jeremy menamai dinosaurus itu Burung pipit setelah Compton Bay tempat ia ditemukan dan 'tonatus' adalah kata Latin yang berarti 'menggelegar'.

“Hewan ini beratnya sekitar satu ton, kira-kira sebesar bison Amerika jantan. Dan bukti dari jejak kaki fosil yang ditemukan di dekatnya menunjukkan bahwa hewan ini kemungkinan besar adalah hewan penggembala, jadi mungkin kawanan besar dinosaurus berat ini berkeliaran jika dikejutkan oleh predator di dataran banjir lebih dari 120 juta tahun yang lalu.”

Kontribusi Penelitian dan Keterlibatan Museum

Dr. Susannah Maidment, Peneliti Senior dan ahli paleontologi di Museum Sejarah Alam dan penulis utama makalah yang diselesaikan saat membimbing gelar doktor Jeremy berkomentar: “Burung pipit adalah spesimen dinosaurus yang fantastis: salah satu yang terlengkap yang ditemukan di Inggris dalam satu abad.

“Pengakuannya sebagai spesies baru berkat kerja luar biasa terperinci oleh Affiliate Ilmiah NHM, Dr. Jeremy Lockwood, yang penelitiannya terus mengungkap bahwa keanekaragaman dinosaurus di Inggris selatan pada Zaman Kapur Awal jauh lebih besar daripada yang disadari sebelumnya.

“Spesimen yang lebih muda dari Batu terang tapi lebih tua dari Burung hantu (dua dinosaurus iguandontian yang berkerabat dekat dengan Burung pipit) menunjukkan tingkat evolusi yang cepat pada dinosaurus iguana selama periode waktu ini, dan dapat membantu kita memahami bagaimana ekosistem pulih setelah peristiwa kepunahan yang diduga terjadi pada akhir Jura Periode.”

Piring Makan Tulang Pinggul

Tulang pinggul yang menyerupai piring makan. Kredit: College of Portsmouth

Meskipun hanya empat spesies dinosaurus baru yang dideskripsikan di Pulau Wight sepanjang tahun 1900-an, ada delapan spesies baru yang diberi nama dalam lima tahun terakhir.

Jeremy menambahkan: “Ini benar-benar penemuan yang luar biasa. Penemuan ini membantu kita lebih memahami berbagai jenis dinosaurus yang hidup di Inggris pada Zaman Kapur Awal. Hal ini melengkapi penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa Wessex adalah salah satu ekosistem paling beragam di dunia.”

Dinosaurus tersebut telah ditambahkan ke dalam koleksi di Museum Pulau Dinosaurus di Sandown di Pulau Wight. Makalah tersebut baru-baru ini diterbitkan di Jurnal Paleontologi Sistematik.

Dr. Martin Munt, kurator Dinosaur Isle, berkata: “Penelitian yang sedang berlangsung pada koleksi museum terus mengungkap penemuan-penemuan baru yang menarik. Sebagian besar penemuan terpenting Nick masih ada di Pulau tersebut, sebuah warisan yang abadi. Kita dapat menantikan lebih banyak lagi jenis makhluk prasejarah baru yang ditemukan dari tebing-tebing dan koleksi Pulau tersebut.”

Mike Greenslade, Manajer Umum Nationwide Belief di Isle of Wight, mengatakan: “Penemuan luar biasa di Compton Bay milik Nationwide Belief ini menyoroti kekayaan warisan alam Isle of Wight. Penemuan dinosaurus terlengkap di Inggris dalam satu abad tidak hanya menunjukkan signifikansi paleontologis pulau ini, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya melestarikan bentang alam kita agar generasi mendatang dapat menjelajahi dan mempelajarinya. Penemuan luar biasa Nick Chase dan penelitian Jeremy Lockwood yang berdedikasi merupakan bukti sejarah luar biasa yang menunggu untuk diungkap di sini. Kami sangat gembira menjadi bagian dari perjalanan penemuan dan kemajuan ilmiah yang berkelanjutan ini.”

Referensi: “Comptonatus chasei, dinosaurus iguanodontia baru dari Formasi Wessex Cretaceous Bawah di Pulau Wight, Inggris selatan” oleh Jeremy AF Lockwood, David M. Martill dan Susannah CR Maidment, 9 Juli 2024, Jurnal Paleontologi Sistematik.
Nomor Induk Kependudukan: 10.1080/14772019.2024.2346573

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
This site is registered on wpml.org as a development site. Switch to a production site key to remove this banner.