Tech

Tanya Jawab Robotika dengan Aaron Saunders dari Boston Dynamics

Selama beberapa minggu ke depan, buletin robotika TechCrunch, Actuator, akan mengadakan Tanya Jawab dengan beberapa pemikir terbaik di bidang robotika. Berlangganan di sini untuk pembaruan di masa mendatang.

Bagian 1: Matthew Johnson-Roberson dari CMU

Bagian 2: Max Bajracharya dan Russ Tedrake dari Toyota Research Institute

Bagian 3: Dhruv Batra dari Meta

Kali ini CTO Boston Dynamics, Aaron Saunders. Beliau telah bekerja di perusahaan ini selama lebih dari 20 tahun, dan terakhir menjabat sebagai wakil presiden bidang Teknik.

Peran apa yang akan dimainkan oleh AI generatif di masa depan robotika?

Laju perubahan saat ini membuat sulit untuk memprediksi masa depan. Model dasar menunjukkan perubahan besar dalam cara pembuatan model pembelajaran mesin terbaik, dan kita telah melihat beberapa percepatan jangka pendek yang mengesankan dalam antarmuka bahasa alami. Mereka menawarkan peluang untuk menciptakan antarmuka percakapan pada robot kami, meningkatkan kualitas fungsi visi komputer yang ada, dan berpotensi memungkinkan kemampuan baru untuk menghadapi pelanggan seperti menjawab pertanyaan visual. Pada akhirnya, kami merasa arsitektur dan strategi pelatihan yang lebih terukur ini kemungkinan besar akan memperluas bahasa dan visi masa lalu ke dalam perencanaan dan pengendalian robotik. Mampu menafsirkan dunia di sekitar robot akan menghasilkan pemahaman yang lebih kaya tentang cara berinteraksi dengannya. Ini saat yang sangat menyenangkan untuk menjadi ahli robot!

Apa pendapat Anda tentang faktor bentuk humanoid?

Humanoid belum tentu merupakan faktor bentuk terbaik untuk semua tugas. Ambil Stretch, misalnya — kami awalnya membangkitkan minat pada robot pemindah kotak dari video yang kami bagikan tentang kotak pemindah Atlas. Hanya karena manusia dapat memindahkan kotak, bukan berarti kami merupakan faktor bentuk terbaik untuk menyelesaikan tugas tersebut, dan pada akhirnya kami merancang robot khusus di Stretch yang dapat memindahkan kotak dengan lebih efisien dan efektif dibandingkan manusia. Oleh karena itu, kami melihat potensi besar dalam pengembangan robotika untuk keperluan umum dalam jangka panjang, dan faktor bentuk humanoid adalah yang paling cocok dengan dunia yang dibangun berdasarkan bentuk kita. Kami selalu bersemangat dengan potensi humanoid dan bekerja keras untuk menutup kesenjangan teknologi.

Setelah manufaktur dan pergudangan, apa kategori utama robotika selanjutnya?

Kedua industri tersebut masih menonjol ketika Anda mempertimbangkan untuk mencocokkan kebutuhan pelanggan dengan kecanggihan teknologi. Saat kita berkembang, saya pikir kita akan bergerak perlahan dari lingkungan yang memiliki determinisme ke lingkungan dengan tingkat ketidakpastian yang lebih tinggi. Ketika kita melihat adopsi yang luas di industri yang mendukung otomasi seperti manufaktur dan logistik, gelombang berikutnya mungkin akan terjadi di bidang-bidang seperti konstruksi dan layanan kesehatan. Sektor-sektor seperti ini merupakan peluang yang menarik karena mempunyai banyak tenaga kerja dan tingginya permintaan akan tenaga kerja terampil, namun pasokannya tidak mencukupi kebutuhan. Gabungkan hal tersebut dengan lingkungan kerja, yang berada di antara lingkungan industri yang sangat terstruktur dan pasar konsumen yang sama sekali tidak terstruktur, dan hal ini dapat mewakili langkah alami berikutnya menuju tujuan umum.

Seberapa jauhkah robot serba guna yang sebenarnya?

Ada banyak masalah sulit yang dihadapi saat ini dan robot serba guna. Robot yang dibuat khusus telah menjadi komoditas di dunia otomasi industri, namun kita baru saja melihat kemunculan robot serba guna. Agar benar-benar dapat digunakan secara umum, robot perlu menavigasi lingkungan yang tidak terstruktur dan mengatasi masalah yang belum mereka temui. Mereka perlu melakukan hal ini dengan cara yang membangun kepercayaan dan menyenangkan pengguna. Dan mereka harus memberikan nilai ini pada titik harga yang kompetitif. Kabar baiknya adalah kita melihat peningkatan yang menggembirakan dalam jumlah massa kritis dan minat terhadap bidang ini. Anak-anak kita mengenal robotika sejak dini, dan lulusan baru membantu kita mendorong percepatan teknologi secara besar-besaran. Tantangan saat ini dalam memberikan nilai kepada pelanggan industri membuka jalan menuju peluang konsumen di masa depan dan tujuan umum masa depan yang kita impikan.

Akankah robot rumahan (selain penyedot debu) lepas landas dalam dekade berikutnya?

Kita mungkin akan melihat tambahan robot di rumah pada dekade mendatang, namun untuk tugas yang sangat terbatas dan spesifik (seperti Roomba, kita akan menemukan kasus nilai lain yang jelas dalam kehidupan kita sehari-hari). Kita masih membutuhkan waktu lebih dari satu dekade untuk menciptakan robot multifungsi di rumah yang dapat memberikan nilai bagi pasar konsumen secara luas. Kapan Anda akan membayar robot sebanyak yang Anda bayarkan untuk mobil? Ketika mesin ini mencapai tingkat keandalan dan nilai yang sama, Anda akan menganggap remeh mesin luar biasa yang kami gunakan untuk mengangkut kami keliling dunia.

Kisah/tren robotika penting apa yang belum mendapat liputan yang cukup?

Ada banyak antusiasme terhadap AI dan potensinya untuk mengubah semua industri, termasuk robotika. Meskipun ia memiliki peran yang jelas dan dapat membuka domain yang relatif statis selama beberapa dekade, produk robotik yang bagus memiliki lebih dari sekedar angka 1 dan 0. Agar AI dapat mencapai perwujudan fisik yang kita perlukan untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar kita, kita perlu melacak kemajuan dalam teknologi utama seperti komputer, sensor persepsi, sumber daya, dan semua bagian lain yang membentuk sistem robotik penuh. Peralihan otomotif menuju elektrifikasi dan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) baru-baru ini dengan cepat mengubah rantai pasokan yang sangat besar. Kemajuan dalam kartu grafis, komputer, dan perangkat elektronik konsumen yang didukung AI yang semakin canggih terus mendorong nilai ke dalam rantai pasokan yang berdekatan. Teknologi yang sangat besar ini, yang jarang menjadi sorotan, adalah salah satu tren robotika yang paling menarik karena memungkinkan perusahaan kecil yang inovatif untuk berdiri di belakang perusahaan raksasa untuk menciptakan produk baru dan menarik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button