Tech

Bagaimana Melacak Panggilan VoIP? Anda tidak bisa. Lakukan Ini Sebagai Gantinya.

Mengalami kesulitan melacak panggilan VoIP yang tidak dikenal atau tidak diinginkan? Kenyataan pahitnya adalah, dalam banyak kasus, melacak panggilan VOIP sangatlah sulit—bahkan tidak mungkin.

Penyedia VoIP menetapkan nomor telepon secara dinamis, yang berarti nomor yang ditampilkan pada ID penelepon Anda mungkin tidak cocok dengan perangkat VoIP yang digunakan untuk melakukan panggilan. Panggilan VoIP juga disalurkan melalui berbagai server di internet, sehingga semakin sulit untuk mengetahui dari mana asalnya.

Untungnya, ada beberapa cara cerdas untuk melacak panggilan VoIP. Faktanya, mereka bahkan dapat membantu Anda sepenuhnya menghindari panggilan yang tidak diinginkan.

Mengapa Nomor VoIP Biasanya Tidak Dapat Dilacak

Hal pertama yang pertama, jaringan VoIP cenderung memiliki langkah-langkah keamanan yang luas, seperti pemanfaatan packet switching untuk memecah data dan merutekannya melalui beberapa jalur online.

Hal ini tidak hanya memungkinkan anonimitas penelepon, tetapi juga membuat hampir mustahil untuk melacak panggilan kembali ke sumber aslinya.

Akibatnya, meskipun panggilan dari telepon rumah khusus sering kali dapat ditelusuri kembali ke asalnya melalui perusahaan layanan telepon, hal ini tidak mungkin dilakukan dengan perangkat VoIP—jadi Anda harus memikirkan hal lain.

5 Pilihan Alternatif untuk Melacak Panggilan VoIP

Jika Anda menerima panggilan yang tidak diinginkan atau tidak dikenal dari perangkat VoIP, Anda harus kreatif jika ingin melacaknya kembali ke sumber aslinya. Meski hal ini tidak bisa dilakukan secara langsung, ada beberapa opsi alternatif yang bisa Anda ambil.

1. Hubungi Penyedia VoIP

Meskipun Anda tidak dapat menghubungi perusahaan telepon, Anda tetap dapat mencoba menghubungi penyedia VoIP secara langsung untuk mengidentifikasi penelepon.

Meskipun sebagian besar penyedia VoIP memiliki langkah keamanan yang ketat, Anda dapat menjelaskan bahwa Anda diganggu oleh salah satu nomor mereka dan Anda ingin mengajukan keluhan—dengan asumsi itu adalah kebenarannya. Hal ini dapat mengakibatkan mereka mengidentifikasi akun tersebut dan memblokirnya karena penyalahgunaan.

Meskipun penyedia VoIP tidak dapat mengungkapkan informasi pribadi pelanggan, mereka bertanggung jawab untuk memastikan penggunaan layanan mereka secara bertanggung jawab dan memberikan akses terbatas kepada pengguna yang tidak mematuhi kebijakan perusahaan terkait pelecehan.

2. Libatkan Penegakan Hukum

Jika Anda menerima panggilan yang mengancam atau jahat, Anda mungkin ingin mengajukan laporan polisi tentang pelecehan melalui telepon dan mendokumentasikan tanggal dan waktu panggilan tersebut.

Penegakan hukum mungkin dapat bekerja sama dengan penyedia VoIP untuk mengidentifikasi penelepon atau melarang penelepon menggunakan layanan mereka. Yang terbaik, ini akan mengakhiri pelecehan lebih lanjut dan menghalangi penelepon untuk terus menggunakan anonimitas bawaan jaringan VoIP.

3. Ganti Nomor

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak dapat menghentikan panggilan yang tidak diinginkan dari perangkat VoIP. Jika situasi Anda semakin memburuk, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti nomor telepon utama Anda untuk menghindari panggilan yang tidak diinginkan lagi.

Anda juga dapat memanfaatkan nomor telepon sekunder dari platform seperti Google Voice. Ini akan memungkinkan Anda menyaring panggilan, memblokir nomor, dan menetapkan kontrol privasi yang lebih ketat terhadap siapa yang memiliki akses ke nomor telepon Anda.

4. Gunakan Alat Pemblokiran Panggilan

Aplikasi pemblokiran panggilan seperti Hiya, RoboKiller, dan YouMail memungkinkan Anda mengidentifikasi dan menghentikan panggilan spam. Aplikasi ini memelihara basis data global mengenai pelaku yang diketahui dan pola panggilan ilegal untuk membatasi panggilan yang tidak diinginkan dari perangkat VoIP. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk memblokir nomor tertentu agar tidak menelepon telepon Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyiapkan pesan suara khusus untuk nomor tertentu atau penelepon spam yang terus menelepon perangkat Anda. Ini akan memungkinkan Anda mengumpulkan lebih banyak bukti panggilan spam atau pelecehan yang tidak diinginkan dari penelepon anonim.

Meskipun hal ini tidak mempermudah pelacakan panggilan ke sumber aslinya, ini adalah cara cerdas untuk mendokumentasikan bukti untuk dilaporkan ke penyedia VoIP atau penegak hukum. Anda kemudian dapat menggunakan bukti yang dikumpulkan ini untuk memblokir akun yang terkait dengan penyedia VoIP atau mengambil tindakan hukum terhadap penelepon spam.

5. Prioritaskan Keamanan Anda

Jika Anda tidak dapat melacak atau memblokir panggilan masuk dari perangkat VoIP anonim, sebaiknya ambil langkah praktis untuk mencegah upaya kontak lebih lanjut yang tidak diinginkan dari pelaku pelecehan Anda.

Pilihan terbaik Anda adalah mendokumentasikan semua bukti panggilan masuk ini. Anda kemudian dapat melaporkan jejak kertas digital Anda ke penegak hukum untuk mengeluarkan perintah penahanan atau melindungi diri Anda dari pelecehan atau ancaman lebih lanjut.

Hindari Panggilan yang Tidak Diinginkan

Sayangnya, hampir tidak mungkin melacak panggilan dari perangkat VoIP—tetapi itu tidak berarti Anda harus berdiam diri dan menangani panggilan spam atau pelecehan. Dengan mengambil pendekatan berbeda, Anda dapat melindungi privasi Anda dan mencegah segala upaya komunikasi yang tidak diinginkan dari perangkat VoIP.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button